PENILAIAN NELAYAN TERHADAP PROGRAM PENGEMBANGAN PERIKANAN TANGKAP HUHATE DI KOTA BITUNG PROVINSI SULAWESI UTARA

Authors

  • Fatra Husuna
  • Steelma V. Rantung
  • Olvie O. Kotambunan

DOI:

https://doi.org/10.35800/akulturasi.5.9.2017.16991

Abstract

Abstrak

Perikanan tangkap sebagai sistem yang memiliki peran penting dalam penyediaan pangan, kesempatan kerja, perdagangan dan kesejahteraan serta rekreasi bagi sebagian penduduk Indonesia perlu dikelola yang berorientasi pada jangka panjang.Pole and line merupakan alat tangkap yang sudah lama digunakan oleh nelayan. Hasil tangkapan pole and line adalah ikan cakalang dan ikan tuna, yang merupakan komoditas primadona dibidang perikanan, karena dilihat dari peranannya khususnya ekspor komoditas untuk ikan cakalang.Wilayah perairan Indonesiamerupakan suatu wilayah perairan yang sangat potensial untuk penangkapan ikan cakalang.

Program pengembangan perikanan dengan cara memperkuat kelembagaan sosial ekonomi masyarakat memiliki peluang yang besar untuk memberikan kontribusi yang efektif dan efisien terhadap perubahan sosial, ekonomi dan politik, serta dinamika pembangunan kawasan. Keberhasilan pencapaian ini akan menjadi landasan membangun masyarakat nelayan yang semakin baik di kawasan pesisir pada masa-masa mendatang.

Adapun tujuan penelitian ini yaitu. (1) Mengetahui perkembangan program pengembangan perikanan tangkap di daerah penelitian. (2) Mengetahui karakteristik nelayan yang mengikuti program pengembangan perikanan tangkap.(3) Mengetahui  sikap atau tanggapan nelayan terhadap program pengembangan perikanan tangkap.(4) Mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi oleh pelaksana program pengembangan perikanan tangkap di daerah penelitian. Adapun manfaat penelitian ini : (1) sebagai bahan informasi bagi pihak yang membutuhkan, baik untuk kepentingan akademis maupun non akademis.(2) Sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan bagi pihak-pihakyang berkepentingan, khususnya pemerintah dalam program pengembangan perikanan tangkap.

Metode penelitian yang digunakan yaitu  metode survei dan pengumpulan data dilakukan secara sensus. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder serta analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif,untuk mengetahui penilaian sikap atau tanggapan nelayan dapat dipergunakan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi seseorang atau sekelompok orang mengenai suatu gejala atau fenomena.

Program bantuan yang digulirkan pemerintah, memperlihatkan dampak positifnya. Sejumlah nelayan di lokasi penelitian mengatakan bahwa mereka senang karena mendapatkan hasil rata-rata dua kali lipat. Ini menunjukkan, sesungguhnya penggunaan bantuan kapal mempunyai tujuan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas nelayan, dengan program bantuan kapal, secara langsung mendukung peningkatan kemampuan nelayan dari skala kecil ke skala menengah dan besar.

Kata kunci: huhate, pengembangan, perikanan tangkap, penilaian nelayan

Downloads

Published

2017-08-08

How to Cite

Husuna, F., Rantung, S. V., & Kotambunan, O. O. (2017). PENILAIAN NELAYAN TERHADAP PROGRAM PENGEMBANGAN PERIKANAN TANGKAP HUHATE DI KOTA BITUNG PROVINSI SULAWESI UTARA. AKULTURASI: Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan, 5(9). https://doi.org/10.35800/akulturasi.5.9.2017.16991