ANALISIS EFISIENSI SALURAN DISTRIBUSI DAN RISIKO PELAKU USAHA PADA RANTAI PASOK IKAN CAKALANG ASAP DI KELURAHAN GIRIAN ATAS KOTA BITUNG PROVINSI SULAWESI UTARA

Maghelhais Takalamingan, Florence V. Longdong, Alvon Jusuf

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aliran produk, aliran keuangan dan aliran informasi pada rantai pasok ikan cakalang asap, menganalisis tingkat efisiensi saluran distribusi pada rantai pasok ikan cakalang asap, dan mengidentifikasi risiko yang dihadapi pada setiap pelaku usaha pada rantai pasok ikan cakalang asap di Kelurahan Girian Atas, Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Sampel sebanyak 12 orang responden diambil dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berdasarkan kuesioner yang telah disiapkan sebelumnya. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan metode kualitatif dan metode kuantitatif sederhana untuk menghitung efisiensi saluran distribusi dan resiko yang dihadapi oleh pelaku usaha.

Rantai pasok ikan cakalang asap di Kelurahan Girian Atas Kota Bitung terdiri dari 5 (lima) pelaku usaha, yaitu pedagang ikan cakalang segar, pengolah ikan cakalang asap, pedagang besar ikan cakalang asap, pedagang pengecer ikan cakalang asap dan rumah makan sebagai konsumen. Ada dua saluran distribusi yang terbentuk pada rantai pasok ikan cakalang asap. Secara umum kedua saluran distribusi telah masuk kategori efisien karena rasio rata-rata biaya transaksi terhadap rata-rata nilai produk kurang dari 50%. Secara total ada 18 risiko yang terjadi dari 5 (lima) para pelaku rantai pasok. Fluktuasi harga menjadi risiko yang paling banyak terjadi pada seluruh pelaku rantai rantai pasok ikan cakalang asap di Kelurahan Girian Atas Kota Bitung.

Kata kunci : efisiensi distribusi, ikan cakalang asap


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.