KARAKTERISTIK USAHA MANDIRI BUDIDAYA IKANNILA PADA KERAMBA JARING TANCAP DI DESA ERISKECAMATAN ERIS KABUPATEN MINAHASA

Authors

  • Glody Rumondor
  • Steelma V. Rantung
  • Olvie V. Kotambunan

DOI:

https://doi.org/10.35800/akulturasi.7.2.2019.28139

Keywords:

Desa Eris, Karakteristik, Usaha Mandiri, Budidaya, Keramba Jaring Tancap

Abstract

Abstract

The purpose of this research is to explain and describe the characteristics of the independent businessof tilapia aquaculture in the net cages in Eris Village, Eris District, Minahasa Regency. The aspects examined in this study include sources of capital, labor and marketing. The research method used is a survey. The population in this study are fish farmers with independent businesses, they are those who run their own businesses and are not incorporated in business groups. Samples were taken as many as 10 respondents from a population of 35 independent farmers. Determination of the sample is done by purposive sampling that will be determined by the researcher himself for farmers who are considered in accordance with predetermined respondent criteria. In this study, the respondents are farmers who have been doing business for more than 5 years. Data obtained in the field are discussed in a descriptive qualitative and quantitative descriptive manner.

Key words:Eris village, characteristics, independent business, aquaculture, net fishing cages

 

Abstrak

Tujuan penelitian yaitu untuk menjelaskan dan mendeskripsikan karakteristik usaha mandiri budidaya ikan nila pada keramba jaring tancap di Desa Eris Kecamatan Eris Kabupaten Minahasa. Aspek-aspek yang diteliti dalam penelitian ini meliputi sumber modal, tenaga kerja dan pemasaran.Metode penelitian yang digunakan yaitu survei.Populasi dalam penelitian ini adalah pembudidaya ikan dengan usaha mandiri yaitu mereka yang melaksanakan usaha sendiri dan tidak tergabung dalam kelompok usaha. Sampel diambil sebanyak 10 responden dari populasi pembudidaya mandiri sebanyak 35 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu akan ditentukan sendiri oleh peneliti bagi pembudidaya yang dianggap sesuai dengan kriteria responden yang telah ditetapkan. Dalam penelitian ini ditetapkan yang menjadi responden adalan pembudidaya yang sudah melakukan usaha di atas 5 tahun. Data yang diperoleh di lapangan dibahas secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.

Kata kunci: Desa Eris, Karakteristik, Usaha Mandiri, Budidaya, Keramba Jaring Tancap

Downloads

Published

2020-02-29

How to Cite

Rumondor, G., Rantung, S. V., & Kotambunan, O. V. (2020). KARAKTERISTIK USAHA MANDIRI BUDIDAYA IKANNILA PADA KERAMBA JARING TANCAP DI DESA ERISKECAMATAN ERIS KABUPATEN MINAHASA. AKULTURASI: Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan, 7(2), 1263–1272. https://doi.org/10.35800/akulturasi.7.2.2019.28139