DINAMIKA KELOMPOK DALAM PENGELOLAAN EKOWISATA MANGROVE DI BAHOWO KELURAHAN TONGKAINA KECAMATAN BUNAKEN KOTA MANADO

Authors

  • Novia N. Sepang
  • Swenekhe S. Durand
  • Martha P. Wasak

DOI:

https://doi.org/10.35800/akulturasi.8.2.2020.30626

Keywords:

Dinamika Kelompok, Mangrove, Bahowo

Abstract

Abstract

Group dynamics is a group consisting of two or more individuals who have a clear psychological relationship between members of one another can take place in situations that are shared. The purpose of this study was to determine the activities of mangrove management groups in Bahowo, Tongkaina Sub-district, Bunaken District, Manado City and to determine the dynamics of mangrove management groups in Bahowo, Tongkaina Sub-district, Bunaken Sub-District, Manado City. The method used in this study is the census method. With a total population of 12 people. Data collected includes primary data and secondary data. The data obtained are then processed, tabulated and analyzed descriptively qualitatively and quantitatively. The main activity in this management group is making seeds and replanting for old mangroves. Making these seeds is done at the nursery center and here also the seeds are stored where the seeds are placed in a poly bag and there is a small hut made to protect young seedlings from the hot sun. The main activity in this management group is making seeds and replanting for old mangroves. Making these seeds is done at the nursery center and here also the seeds are stored where the seeds are placed in a poly bag and there is a small hut made to protect young seedlings from the hot sun. The dynamics of the mangrove management group in Bahowo has mutual respect and respect for opinions among group members, mutual openness, tolerance and honesty among group members.

Keywords: Group Dynamics, Mangroves, Bahowo

 

Abstrak

Dinamika kelompok merupakan suatu kelompok yang terdiri dari dua atau lebih individu yang memiliki hubungan psikologi secara jelas antara anggota satu dengan yang lain dapat berlangsung dalam situasi yang dialami secara bersama. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui aktivitas kelompok pengelola mangrove di Bahowo Kelurahan Tongkaina Kecamatan Bunaken Kota Manado dan untuk mengetahui dinamika kelompok pengelola mangrove di Bahowo Kelurahan Tongkaina Kecamatan Bunaken Kota Manado. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus. Dengan jumlah populasi sebanyak 12 orang. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh selanjutnya diolah, ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kegiatan utama pada kelompok pengelola ini adalah pembuatan bibit dan penyulaman untuk mangrove yang sudah tua. Pembuatan bibit ini dilakukan di pusat pembibitan (nursery center) dan disini juga bibit disimpan dimana bibit diletakkan dalam polybag dan ada pondok kecil yang dibuat untuk melindungi bibit muda dari terik matahari. Kegiatan utama pada kelompok pengelola ini adalah pembuatan bibit dan penyulaman untuk mangrove yang sudah tua. Pembuatan bibit ini dilakukan di pusat pembibitan (nursery center) dan disini juga bibit disimpan dimana bibit diletakkan dalam polybag dan ada pondok kecil yang dibuat untuk melindungi bibit muda dari terik matahari. Dinamika kelompok pengelola mangrove di Bahowo memiliki adanya Ssaling menghormati dan menghargai pendapat di antara anggota kelompok, saling keterbukaan, toleransi dan kejujuran di antara anggota kelompok.

Kata Kunci: Dinamika Kelompok, Mangrove, Bahowo

Downloads

Published

2020-10-13

How to Cite

Sepang, N. N., Durand, S. S., & Wasak, M. P. (2020). DINAMIKA KELOMPOK DALAM PENGELOLAAN EKOWISATA MANGROVE DI BAHOWO KELURAHAN TONGKAINA KECAMATAN BUNAKEN KOTA MANADO. AKULTURASI: Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan, 8(2), 205–217. https://doi.org/10.35800/akulturasi.8.2.2020.30626