ANALISIS FINANSIAL USAHA PANCING ULUR DI DESA SALIBABU KECAMATAN SALIBABU KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD

Authors

  • Akhsani Arunde
  • Jeannette F. Pangemanan
  • Martha P. Wasak

DOI:

https://doi.org/10.35800/akulturasi.v9i2.36919

Keywords:

Analisis finansial, pancing ulur, Desa Salibabu

Abstract

Abstract

The purpose of this study is to financially analyze the hand line business in Salibabu Village is profitable or not profitable and feasible or not feasible to run. The research method used is descriptive research, while the basic research used is the census method. Data was collected by observation or direct observation at the research site. The data collected consists of primary data and secondary data. Primary data collection was carried out through surveys, interviews guided by questionnaires that had been prepared in advance. The interview was conducted by telephone due to the situation and conditions that made it impossible to visit due to the Covid-19 pandemic. Secondary data is data obtained indirectly, secondary data in the form of evidence, notes and reports that have to do with research that has been done. The total cost for the hand line business in Salibabu Village, Salibabu District, Talaud Islands Regency is Rp. 7,197,500, with an income of Rp. 36,000,000 and a profit of Rp. 28,802,500 per year. The line fishing business in Salibabu Village, Salibabu District, Talaud Islands Regency is feasible and profitable because the BCR> 1 is 5,001 which means the business is feasible to run with a profit rate of 4.001%.

 Keywords: Financial analysis, fishing rod, Salibabu Village 

Abstrak

Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis secara finansial usaha pancing ulur di Desa Salibabu menguntungkan atau tidak menguntungkan dan layak atau tidak layak dijalankan.  Metode Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif sedangkan dasar penelitian yang digunakan adalah metode sensus.  Pengumpulan data dilakukan secara observasi atau pengamatan langsung di lokasi penelitian.  Data yang dikumpulkan terdiri atas data primer dan data sekunder.  Pengumpulan data primer dilakukan melalui survey, wawancara yang dipandu dengan kuesioner yang telah dipersiapkan terlebih dahulu. Wawancara dilakukan melalui telpon karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan untuk berkunjung karena adanya pandemi Covid-19 ini.  Data sekunder merupakan data yang diperoleh secara tidak langsung, data sekunder berupa bukti, catatan dan laporan yang ada hubungannya dengan penelitian yang sudah di lakukan. Total biaya untuk usaha pancing ulur di Desa Salibabu Kecamatan Salibabu Kabupaten Kepulauan Talaud sebesar Rp.7.197.500, dengan pendapatan sebesar Rp.36.000.000 serta keuntungan sebesar Rp.28.802.500 per tahun.  Usaha Pancing Ulur di Desa Salibabu Kecamatan Salibabu Kabupaten Kepulauan Talaud layak untuk dijalankan dan menguntungkan karena BCRnya > 1 yaitu 5,001 yang artinya usaha tersebut layak dijalankan dengan profit rate atau tingkat keuntungan yang diperoleh sebesar 4,001%.

 

Kata Kunci: Analisis finansial; pancing ulur; Desa Salibabu

Downloads

Published

2021-11-18

How to Cite

Arunde, A., Pangemanan, J. F., & Wasak, M. P. (2021). ANALISIS FINANSIAL USAHA PANCING ULUR DI DESA SALIBABU KECAMATAN SALIBABU KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD. AKULTURASI: Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan, 9(2), 250–262. https://doi.org/10.35800/akulturasi.v9i2.36919