Hubungan Deviasi Septum Nasi pada Pasien yang Menjalani Pemeriksaan CT Scan Sinus Paranasalis dengan Derajat Obstruksi Nasi berdasarkan Skor NOSE

Authors

  • Ahni Mustain Universitas Hasanuddin
  • Nurlaily Idris Universitas Hasanuddin
  • Junus Baan Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.35790/jbm.v14i1.35560

Abstract

Abstract: The aimsof thisresearchistoanalyze the relationshipbetweennasalseptaldeviation in patients having a CT scan of paranasal sinuses and the degree of nasalobstructionbasedontheNOSEscore. ThisresearchwasconductedatTheDepartment of Radiology, Dr. Wahidin Sudirohusodo dan RSPTN UNHAS.Thetotal sampleswere57people. ThedatawereanalyzedusingKruskalWallisand ChiSquaretests. Theresultsshowthatthemostdeviationtypesofthenasal septal areCtype,followed respectivelybycombinationtype, S type and finally the spur type. A significant correlation was found betweennasal septum deviation and degree of nasal obstruction according to the NOSEscore(p<0,0001),wheremoderateobstructionisfoundmostinthecombinationandStype, whereasmildobstruction ismostlyfoundin Candspur type.

Keywords: Nasal Septal Deviation; Paranasal Sinus CT Scan; Degree of NasalObstruction;NOSE Score

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara deviasi septum nasipada pasien yang menjalani pemeriksaan CT scan sinus paranasalis dengan derajatobstruksi nasi berdasarkan skor NOSE. Penelitian ini dilaksanakan di DepartemenRadiologi RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo dan RSPTN UNHAS.Jumlahsampelsebanyak57orang. Analisa data menggunakanujiKruskalWallisdanChiSquare.HasilpenelitianmenunjukkanbahwatipedeviasiseptumnasiyangterbanyakadalahtipeC,kemudian tipe kombinasi, tipe S dan terakhir tipe spur. Terdapat hubungan yangbermakna antara deviasi septum nasi dengan derajat obstruksi nasi berdasarkanskorNOSE(p<0,0001),dimanaderajatobstruksinasiyangpalingbanyak padatipekombinasi dan tipe S adalah obstruksi sedang, sedangkan pada tipe C dan spuradalahobstruksi ringan.

Kata kunci: Deviasi Septum Nasi; CT Scan Sinus Paranasalis; Derajat Obstruksi Nasi; Skor NOSE

Author Biographies

Ahni Mustain, Universitas Hasanuddin

Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran

Nurlaily Idris, Universitas Hasanuddin

Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran

Junus Baan, Universitas Hasanuddin

Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran

Downloads

Additional Files

Published

2022-04-30