HOTEL RESORT DI DANAU TONDANO RECREATIONAL WATERFRONT

Authors

  • Eunike D. K. Tumembouw
  • Rachmat Prijadi
  • Windy Mononimbar

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v6i1.14842

Abstract

Hotel Resort adalah sebuah wadah arsitektural dalam bentuk hunian penginapan yang dibangun untuk memfasilitasi para wisatawan mancanaegara atau wisatawan lokal yang datang berkunjung ke sebuah daerah atau objek wisata untuk menikmati fasilitas-fasilitas atau tempat-tempat wisata yang ada. Keberadaan wadah ini sudah cukup banyak tetapi masih sedikit yang menyediakan hunian Hotel Resort dengan kualitas dan pelayanan  terbaik. Selain itu tingkat kunjungan wisatawan asing maupun lokal terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun yang membuka peluang untuk dihadirkannya sebuah hunian Hotel Resort dengan fasilitas-fasilitas dan pelayanan yang terbaik.

Recreational Waterfront merupakan tema yang diambil dalam perancangan Hotel Resort, mengingat Danau Tondano memiliki potensi alam serta perairan yang sangat bagus. Penerapan pola-pola mengikuti gaya dorong kearah danau yang diharapkan agar mempunyai view yang bagus sehingga dapat menepis citra buruk Danau Tondano yang saat ini sudah tidak terawat lagi.

Melalui perancangan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal wujud perhatian terhadap potensi pariwisata di Danau Tondano, sehingga kehadiran Hotel Resort di Danau Tondano ini tidak hanya sebatas pemenuhan kebutuhan akan fasilitas rekreasi serta akomodasi saja, tapi banyak dampak positifnya untuk danau, lingkungan sekitar, serta masyarakat yang tinggal dan hidup disekitarnya.

Kata Kunci : Hotel Resort, Danau Tondano, Waterfront

Downloads

Published

2017-01-23