BUKIT INSPIRASI CONVENTION CENTER DI TOMOHON. Arsitektur Metabolisme.

Merel M. Losu, Herry Kapugu, Surijadi Supardjo

Abstract


MICE merupakan salah satu kegiatan kepariwisataan yang menguntungkan karena  industry MICE ini merupakan industri yang kompleks dan melibatkan banyak pihak. Kota Tomohon merupakan Kota yang sedang tahap pengembangan. Sehingga dengan adanya gedung Bukit Inspirasi Convention Center ini bisa menampung lebih banyak peserta dari gedung sebelumnya yaitu Auditorium Bukit Inspirasi yang hanya menampung peserta diatas 500 orang. Dan bisa mencakup adanya kegiatan seperti konvensi, meeting, seminar, exhibition dan wedding.

Kajian diawali dengan mempelajari tentang Convention Center, standar-standar perancangan dan perencanaan bangunan Convention Center, pengertian dan ciri-ciri Arsitektur Metabolisme, serta studi banding beberapa Convention Center yang telah ada. Dilakukan juga tinjauan mengenai Kota Tomohon. Pendekatan perancangan arsitektural dilakukan dengan konsep Arsitektur Metabolisme. Selain itu dilakukan pendekatan fungsional, kinerja, teknis, dan kontekstual.

Sebagai kesimpulan, program ruang sangat diperlukan, serta gambar-gambar 2 dimensi dan 3 dimensi sebagai ilustrasi desain.

 

Kata kunci : Convention Center, MICE, Tomohon, Arsitektur Metabolisme


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.