PLAZA FOTOGRAFI DI MANADO. Architecture Montage.

Juneth Andreani, Alvin J. Tinangon, Ingerid L. E. Moniaga

Abstract


Fotografi merupakan bagian hidup dari manusia sekarang ini. Fotografi hadir dalam setiap aspek kehidupan kita, untuk merekam kenangan atau  menginformasikan suatu peristiwa publik. Manado sebagai salah satu kota yang juga tidak terlepas dari fenomena fotografi. Pesatnya perkembangan dunia fotografi terutama saat beralihnya era analog ke era digital sedikit banyak memudahkan masyrakat luas untuk dapat menyentuh dunia tersebut, yang sebelumnya hanya bisa dilakoni oleh kalangan terbatas. Terlebih dengan adanya inovasi telepon genggam, yang dewasa ini juga memasukan aspek fotografi didalamnya, sehingga membuat dunia fotografi makin menjadi bagian dari kehidupan kita. Hal ini lah yang mendorong banyaknya para fotografer amatir di Manado membentuk suatu komunitas atau perkumpulan, dimana mereka dapat saling bertukar ilmu fotografi satu dengan  lainnya, dan mengembangkan  ilmu fotografi di Manado. Sehingga lewat perkembangan komunitas inilah,timbul berbagai macam aktifitas dan kegiatan fotografer yang membutuhkan  ruang untuk  mensosialisasikan gagasan dan karya kreatif dari para fotografer.

Kegiatan perancangan ini menggunakan Tema Architecture Montage yaitu sebuah strategi desain yang menerapkan beberapa aspek dalam teknik fotografi montage: sifat dan prinsip yang diaplikasikan kedalam bentuk, ruang, tampilan maupun ide-ide arsitektural lainnya.

Perancangan Plaza Fotografi dengan mengusung tema diatas menghasilkan desain yang unik dimana bentukan massa bangunan dibuat dari hasil merakit kembali bentukan lama dari sebuah plaza menjadi bentuk yang baru. Sirkulasi ruang dalam memberikan kesan dinamis yang bersifat interaktif, hal ini diperoleh dari sifat daripada montage yaitu dinamis, kontras dan interaktif. Dari segi tampilan bangunan, konsep selubung bangunan menggunakan konsep hasil merakit ulang bentukan baru yang dilakukan mengikuti sifat dan prinsip dari montage itu sendiri. Diharapkan dengan penggunaan strategi desain diatas, Plaza Fotografi ini akan memiliki tampilan yang unik dan membawa sejumlah terobosan baru dalam dunia arsitektur.

 

Kata Kunci : Fotografi, Plaza, Manado, Architecture, Montage 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.