KONSERVATORIUM DI MANADO. Architecture in Music.

Fransisca G. Manege, Idradjaja Makainas, Verry Lahamendu

Abstract


Konservatorium merupakan suatu wadah atau tempat yang setara dengan perguruan tinggi untuk menyalurkan dan mengembangkan keahlian dalam bermusik baik dalam hal pendidikan, pemeliharaan hingga pengembangan musikal.

Tema perancangan yang digunakan ialah Architecture In Music dimana dalam dunia musikal irama dan harmonisasi yang seimbang sangat penting begitu juga dengan karya arsitektur, agar tidak menghasilkan karya yang tidak sesuai dengan prinsip arsitektural tentunya irama dan harmonisasi menjadi sangat penting dicermati oleh para pelaku seni musik dan arsitektur.

Sesuai dengan RTRW kota Manado, lokasi pengembangan pendidikan khusus perguruan tinggi diarahkan ke kecamatan Mapanget untuk itu lokasi berada di kecamatan Mapanget.  Dan fungsi ruang dalam bangunan mulai dari fasililitas pendidikan, tempat penjualan alat musik hingga ruang konser untuk menyalurkan ilmu dan bakat mahasiswanya.

Konsep bangunan menggunakan bentuk not balok ½ ketuk yang bentukannya disesuaikan dengan kondisi site yang ada.

Dengan adanya konservatorium ini diharapkan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing di era moderenisasi ini khususnya dalam bidang musik.

 

Kata Kunci : Konservatorium, Sekolah Tinggi Musik, Musik dan Arsitektur


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.