RUMAH SAKIT BERSALIN di KOTA MANADO. Arsitektur Perilaku

Jeniver G. L. Maabuat, Vicky H. Makarau, Faizah Mastutie

Abstract


Peranan seorang ibu untuk sebuah Negara sangatlah penting, hal ini dikarenakan seorang ibu akan melahirkan seorang anak  yang nantinya akan menjadi penerus bangsa. Suatu Negara dapat dikatakan Negara maju apabila kasus kematian ibu atau Angka Kematian Ibu (AKI)  saat melahirkan berkurang setiap tahun.oleh karena itu para pemerintah semakin membenah diri dengan memperhatikan kesehatan ibu dan anak yaitu dengan prioritasnya yaitu program pelayanan kesehatan khususnya ibu dan anak. Di kota Manado sendiri ketersediaan rumah sakit bersalin masih sedikit sementara untuk fasilitasnya masih kurang memadai serta design bangunan yang belum sesuai dengan kebutuhan ibu hamil dan anak.

Kurangnya ketersediaan fasilitas yang diperuntukan untuk ibu dan anak di kota Manado ini menjadi daya tarik untuk peulis dalam merencanakan pembangunan Rumah Sakit Bersalin di Kota Manado. Perancangan Rumah Sakit Bersalin ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk para ibu dan anak di kota Manado.

Dalam perancangan Rumah Sakit Bersalin ini menggunakan  konsep “Arsitektur Perilaku” dimana design bangunan ini menguutamakan keperluan ibu dan anak yang memperhatikan perilaku dari paenggunanya.

Kata Kunci : Arsitektur Perilaku, Kota Manado, Rumah Sakit Bersalin


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.