SEKOLAH LUAR BIASA DI MANADO DENGAN TEMA ARSITEKTUR PERILAKU

Authors

  • Pebry S. Budiman
  • Herry Kapugu
  • Johansen C. Mandey

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v8i1.23684

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu kunci penting dalam menentukan masa depan suatu bangsa. Pengertian pendidikan sendiri ialah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Khusus bagi para penyandang cacat disebutkan bahwa warga Negara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual dan atau sosial berhak memperoleh pendidikan khusus. Pendidikan luar biasa adalah pendidikan yang khusus diselenggarakan bagi peserta didik yang menyandang kelainan fisik ataupun kelainan mental. Pertumbuhan penduduk, khususnya bagi penyandang disabilitas di Kota Manado mengalami pertumbuhan yang meningkat dari data tahun 2011 hingga tahun 2016, dengan adanya Sekolah Luar Biasa (SLB) ini kiranya dapat mewadahi seluruh klasifikasi disabilitas yang ada di Indonesia, (khususnya di Kota Manado). Penerapan Arsitektur Perilaku juga diharapkan mampu memberikan lingkungan yang nyaman dana aman, dan dari lingkungan sekolah dapat membentuk kepribadian serta karakter bagi para murid penyandang disabilitas.

 

Kata Kunci : Sekolah Luar Biasa, Disabilitas, Manado

Downloads

Published

2019-07-09