MANADO CITY HOTEL. Waterfront Architecture

Ady I. A. Nur, Dwight M. Rondonuwu, Octavianus H. A. Rogi

Abstract


City Hotel merupakan sebuah tempat dengan pelayanan akomodasi bagi para wisatawan dan business traveler. Sebuah Gedung City Hotel pada umumnya berfungsi  sebagai tempat tinggal sementara bagi para wisatawan dan business traveler. Kota Manado sebagai ibu kota provinsi Sulawesi Utara menjadi salah satu tujuan utama wisatawan dan business traveler dengan arus wisatawan yang terus bertambah setiap tahunnya. Karena kota Manado merupakan kota Waterfront sehingga Waterfront Architecture dapat diterapkan pada objek City Hotel.

Tujuan utama dari perancangan objek ini adalah untuk merancang hotel yang bukan hanya sebagai tempat untuk menginap namun memaksimalkan potensi dan keindahan pesisir kota Manado untuk water activity bagi tamu hotel, untuk memudahkan para wisatawan dan business traveler untuk dapat dengan mudah mengakses pusat kota Manado dan kawasan wisata bahari di sekitar kota Manado, serta memaksimalkan kawasan waterfront objek rancangan untuk menjadi salah satu tempat rekreasi bagi tamu yang menginap maupun hanya datang untuk menikmati kawasan waterfront.

Pendekatan dalam proses perancangan menggunakan pendekatan metode desain generasi ke-dua dari Horst Rittel melalui kajian tipologi objek, analisis tapak dan lokasi yakni dengan tahapan pengumpulan data, analisis data, dan konsep tematik serta transformasi konsep.

Hasil dari proses perancangan desain terdiri dari, layout,site plan,denah,tampak,potongan,perspektif,dan gambar tambahan lainnya. Dimana tema Waterfront Architecture diterapkan pada  site plan City Hotel yang dimana area tepi air site diolah dengan menempatkan area promenade,water fountain and splash, serta taman tepi air, pembuatan dalam site dan sekitar bangunan untuk lebih mendekatkan tema dengan objek rancangan yang juga berfungsi sebagai pengarah dalam site, orientasi masa bangunan yang diutamakan menghadap arah laut dan fasade bangunan dengan bukaan yang besar untuk memaksimalkan view laut..

Kata kunci : City Hotel, Waterfront Architecture, Kota Manado

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.