ALGOTECTURE (ALGORITHMIC ARCHITECTURE)

Daniel W. B. Pieter, Johansen C. Mandey

Abstract


ABSTRAK

Pada dasarnya Arsitektur merupakan gabungan dari seni dan teknik, tapi saat ini dengan perkembangan digital, peranan komputer dalam proses desain menjadi sangat penting. Arsitektur Algoritmik mengambil peranan penting dalam hal ini, dengan kerumitannya dan pola desainnya yang benar-benar mempesona. Karya tulis ini bertujuan untuk mempelajari tentang Algoritma yang dapat memberikan solusi pada permasalahan desain dalam Arsitektur seperti perletakan ruang, pola struktur, bahkan nilai estetika.

Masalah dari penggunaan Algoritmik dalam desain adalah kepastiannya antara angka dan konsep, untuk beberapa desainer terasa terlalu mengatur. Banyak desainer tidak tertarik pada komposisi Matematis Desain, melainkan hanya pada Komposisi itu sendiri.

Pembahasan ini menyajikan mengenai Pengertian Algoritma, Algoritma dalam Arsitektur, serta beberapa Studi Kasus yang diharapkan dapat memmbantu para desainer untuk keluar dari permasalahan Matematis Desain.

Dari keseluruhan penulisan diperoleh hasil bahwa, Arsitektur Algoritmik merupakan suatu penerapan Algoritma ke dalam Arsitektur, yang bisa memperluas batas pemikiran manusia dalam menciptakan bentukan geometri non-linear, membantu memecahkan masalah perletakan ruang, bahkan masalah struktur, dengan solusi-solusi alternatif yang berkelanjutan.

Kata kunci: Arsitektur, Algoritmik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.