KAWASAN WISATA DAN KURSUS KULINER SULAWESI UTARA - Implementasi Konsep Metafora Konkrit pada Desain Arsitektur

Eunike L. Tombokan, Roosje J. Pouluan

Abstract


KAWASAN WISATA DAN KURSUS KULINER SULAWESI UTARA

(IMPLEMENTASI KONSEP METAFORA KONKRIT

PADA DESAIN ARSITEKTUR)

Eunike Lidya Tombokan[1]

Roosje J. Poluan[2]

 

ABSTRAK

Kuliner merupakan suatu bagian hidup yang erat kaitannya dengan konsumsi makanan sehari-hari. Kuliner juga merupakan salah satu bagian dari budaya daerah.  Kawasan wisata kuliner merupakan suatu area wisata masak-memasak makanan dan minuman yang beranekaragam serta berbagai kegiatan hiburan yang berhubungan dengan masak-memasak.

Propinsi Sulawesi Utara yang beribukotakan Kota Manado, terdiri dari beragam suku dan budaya, termasuk didalamnya memiliki beraneka ragam kuliner dan sumber daya makanan yang berlimpah. Namun demikian keanekaragaman kuliner yang dimiliki oleh Sulawesi Utara masih terbagi-bagi atau tersebar dibeberapa tempat dan kurang terkelola dengan baik, sehingga masih sulit dijangkau dan dinikmati oleh wisatawan. Untuk itu diperlukan suatu wadah yang dapat menampung keanekaragaman kuliner tersebut, serta menampung berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kuliner yang dilengkapi dengan fasilitas kursus kuliner, berupa “Kawasan Wisata Dan Kursus Kuliner Sulawesi Utara”.

Kawasan wisata dan kursus kuliner Sulawesi Utara ini dirancang dengan mengusung tema implementasi konsep metafora konkrit pada desain arsitektur. Tema yang diterapkan pada rancangan ini menunjukkan bagaimana suatu kesan dari penataan ruang luar serta bentuk fasade bangunan yang mengambil bentuk konkrit  dari ikan cakalang. Dari tema rancangan ini yang merupakan penerapan bentuk ikan cakalang pada konsep metafora konkrit, dapat memberikan gambaran akan bentuk yang berkaitan langsung pada ciri khas makanan Sulawesi Utara. Sehingga dengan hadirnya objek ini, diharapkan dapat membantu memperkenalkan budaya daerah Sulawesi Utara khususnya dalam bidang kuliner.

Kata kunci: Kawasan, Wisata, Kuliner, Kursus, Metafora Konkrit


[1] Mahasiswa PS 1 Arsitektur UNSRAT

[2] Staf Dosen Pengajar Arsitektur UNSRAT


Refbacks

  • There are currently no refbacks.