HOTEL RESORT DAN KAWASAN OBJEK WISATA GUA TOTOMBATU DI TALAUD - Penerapan Nilai-Nilai Inspiratif Lukisan Karya Oktavio Ocampo pada Desain

Authors

  • Nibsan N. Tamesala
  • Raymond Ch. Tarore

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v1i2.586

Abstract

HOTEL RESORT DAN KAWASAN OBJEK WISATA GUA TOTOMBATU (GUA TENGKORAK) DI TALAUD

(PENERAPAN NILAI – NILAI INSPIRATIF LUKISAN KARYA OKTAVIO OCAMPO PADA DESAIN)

  1. 1. Nibsan Nopri Tamesala[1]
  2. 2. Raymond Ch. Tarore[2]

 

ABSTRAK

Hotel Resort merupakan fasilitas yang sangat penting untuk memfasilitasi kegiatan berwisata. Hotel Resort juga merupakan suatu bagian usaha di dunia bisnis perhotelan khususnya di sektor pariwisata. Pada saat ini sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud, khususnya lokasi tempat objek wisata , masih sangatlah minim fasilitas penunjang, bahkan banyak tempat objek wisata yang masih kurang diperhatikan. Masalahnya mungkin peran serta pemerintah, ataupun masyarakat yang senantiasa haruslah lebih ditingkatkan.

Dalam keadaan seperti inilah maka fasilitas Hotel Resort serta pengembangan Kawasan Objek Wisata Gua Totombatu (Gua Tengkorak) di Talaud, dengan mengusung tema “Penerapan Nilai – Nilai Inspiratif Lukisan Karya Oktavio Okampo†Pada desain sangat diperlukan, untuk mewadahi kebutuhan akan kegiatan berwisata. Tema ini menunjukan bagaimana suatu kesan dari penataan ruang luar, dan penciptaan bentuk rancangan bangunan yang sangat unik yang memiliki makna suatu pensan yang realistis, untuk bisa mempertahankan sesuatu yang menjadi karakteristik dari tempat tersebut, dan juga bisa memberikan nuansa yang berbeda dari rancangan Hotel Resort pada umumnya. Maka dari tema rancangan, yang merupakan penerapan nilai – nilai inspiratif lukisan dalam gaya metamorf, dapat memberikan gambaran akan bentukan yang berkaitan langsung dengan unsur alam, pada kawasan objek wisata tersebut. Kesan berwisata yang menyenangkan, dengan keberadaan objek yang menarik, walaupun keberadaan objek tersebut memiliki kesan mistik, tetapi keunikan objek itulah yang membuat para wisatawan lebih penasaran akan kbeberadaan ojek Tengkorak tersebut. Lokasi yang berkesan seram, tetapi nyaman, dan menyenangkan.

Maka dengan hadirnya objek fasilitas tersebut, diharapkan dapat memberikan suatu jawaban kearah yang lebih baik atas segala permasalahan yang terjadi dalam pengembangan sektor dunia pariwisata di Kabupaten kepulauan Talaud, yang masih kurang di perhatikan, dan juga bisa memberikan kontribusi yang lebih baik pula bagi pemerintah, maupun bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Kata Kunci : Hotel Resort, Kawasan, inspitatif, Lukisan, Gua tengkorak.


[1] Mahasiswa PS 1 Arsitektur UNSRAT

[2] Staf Dosen Pengajar Arsitektur UNSRAT

Published

2012-11-19