GEDUNG OLAHRAGA DI MANADO - Eksplorasi Fungsi Struktur dalam Arsitektur

Authors

  • Dedy S. Salu
  • Roosje J. Pouluan

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v1i2.587

Abstract

GEDUNG OLAHRAGA DI MANADO

(EKSPLORASI FUNGSI STRUKTUR DALAM ARSITEKTUR)

Dedy Sapril Salu[1]

R. J. Poluan[2]

 

ABSTRAK

Olahraga merupakan suatu kegiatan yang sangat penting bagi perkembangan fisik maupun mental masyarakat. Memadukan kegiatan olahraga, rekreasi dan edukasi merupakan sesuatu yang positif untuk mendukung perkembangan kehidupan olahraga yang modern. Seiring dengan perkembangan peradaban manusia yang terus berkembang, banyak kegiatan olahraga yang disempurnakan dan diperlombakan sebagai kegiatan pemersatu masyarakat baik lokal maupun internasional.

Salah satu upaya dalam menunjang peningkatan kebutuhan olahraga adalah menghadirkan suatu sarana dan prasarana olahraga. Sarana olahraga yang telah ada di Kota Manado saat ini tidak representatif dan belum memenuhi standard sehingga diperlukan suatu sarana dan prasarana olahraga baru yaitu Gedung Olahraga yang disediakan dalam suatu lokasi dan terdiri dari beberapa massa utama yang meliputi fasilitas Voli indoor, Tennis Indoor, Basket Indoor, dan Futsal Indoor. Selain itu terdapat pula fasilitas pendukung berupa Kantor Pengelola dan fasilitas komersial berupa ruang fitness, food courd dan cafe dan retail untuk penjualan peralatan dan aksesoris untuk olahraga.

Untuk mewujudkan objek gedung olahraga yang dimaksud, maka digunakan pendekatan tema Eksplorasi Fungsi Struktur dalam Arsitektur. Dimana struktur dalam hal ini tidak hanya digunakan sebagai penopang beban namun juga dapat berfungsi sebagai pembentuk massa, sebagai estetika, optimalisasi fungsi ruang dan dapat memaksimalkan pencahayaan alami. Dengan demikian diharapkan Gedung Olahraga ini akan dapat menjawab kebutuhan olahraga yang representatif dan memenuhi standarisasi sehingga dapat memberikan pelayanan baik secara rekreasi, edukasi maupun kompetisi.

Kata kunci: Olahraga, Gedung Olahraga Indoor, Eksplorasi Fungsi Struktur.


[1]Mahasiswa PS 1 Arsitektur UNSRAT

[2]Staf Dosen Pengajar Arsitektur UNSRAT

Published

2012-11-19