GRAHA KOMUNITAS FOTOGRAFI - Implementasi Konsep Disjuntion menurut Bernard Tschumi melalui Eksplorasi Ruang, Gerak dan Peristiwa

Raynold H. Paluruan, Deddy Erdiono

Abstract


GRAHA KOMUNITAS FOTOGRAFI

‘IMPLEMENTASI KONSEP DISJUNCTION MENURUT BERNARD TSCHUMI MELALUI EKSPLORASI RUANG, GERAK, DAN PERISTIWA’

Raynold Hakim Paluruan[1]

Deddy Erdiono[2]

ABSTRAK

Fotografi sudah dikenal luas, karena fotografi ada di berbagai aspek kehidupan, terutama dalam hal – hal yang menyangkut informasi visual, surat kabar, majalah dan sebagainya sehingga fotografi merupakan salah satu kebutuhan dalam kehidupan manusia.

Perkembangan fotografi di Indonesia dapat dilihat dari berkembangnya jumlah fotografer, makin majunya teknologi peralatan dan perlengkapan fotografi dan makin meningkatnya seni fotografi karya – karya fotografer Indonesia. Demikian pula  dengan perkembangan fotografi di Manado, dimana telah banyak komunitas – komunitas fotografer yang terbentuk, untuk saling berbagi info dan bertukar pikiran.

Untuk mewujudkan gagasan ini, diterapkan model proses desain generasi II yang terdiri dari dua fase. Fase pertama yaitu pengembangan wawasan komprehensif dengan pendekatan konvensional berupa kajian tipologi objek serta kajian tapak dan lingkungan. Fase kedua yaitu berupa Execute Image-Present-Test Cycle.

Implementasi Konsep Disjunction Menurut Bernard Tschumi Melalui Eksplorasi Ruang, Gerak, dan Peristiwa adalah tema yang digunakan pada desain Graha Komunitas Fotografi di Manado. Karakteristik dari tema ini adalah penerapan konsep pemisahan antara ruang, gerak, dan peristiwa yang dalam artian berdiri sendiri sebagai satu kesatuan.

Hasil desain yang berupa penyajian gambar - gambar arsitektural, yang bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang kualitas perancangan Graha Komunitas Fotografi di Manado dengan implementasi tema konsep disjunction.

 

Kata kunci :    Graha Komunitas Fotografi, implementasi konsep disjunction, ruang, gerak, dan peristiwa.


[1] Mahasiswa Program Studi S1 Arsitektur Universitas Sam Ratulangi

[2]Staf Pengajar Arsitektur Universitas Sam Ratulangi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.