UNDERGROUND CONCERT HALL - Natural Sunlight in Earth Shelter Design Emil Rinaldy Dwinugraha Salim & Johannes Van Rate ................................................ 109-118

Authors

  • Emil R. D.. Salim
  • Johannes Van Rate

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v1i2.592

Abstract

UNDERGROUND CONCERT HALL

‘NATURAL SUNLIGHT IN EARTH SHELTER DESIGN’

Emil Rinaldy Dwinugraha Salim[1]

Johannes Van Rate[2]

ABSTRAK

Manado sebagai kota MICE (Meeting, Incentives, Convention, and Exhibition) terdorong untuk mengembangkan infrastruktur baru yang berkualitas seperti convention, jaringan transportasi dan sebagainya. Hal ini meningkatkan nilai investasi kota Manado di bidang pariwisata dan mendorong adanya perancangan suatu bangunan MICE. Dimana fasilitas ini dapat menjadi tempat wisata dalam kota sesuai dengan konsep pengembangan ‘seisi kota untuk wisatawan’. Bangunan yang dirancang memiliki nilai arsitektural yang tinggi, juga sesuai dengan perencanaan kota Manado sebagai waterfront city, sehingga Underground Concert Hall dapat meningkatkan industri MICE dan seni kota Manado serta memiliki nilai investasi yang tinggi baik profit maupun benefit.

Underground Concert Hall bertemakan Natural Sunlight in Earth Shelter Design dengan ruang terbuka publik yang dapat dipergunakan sebagai taman kota dan daerah wisata.  Konsep berpelindung tanah yang ramah lingkungan dan hemat energi, menggunakan sumber energi alternatif seperti pembangkit listrik tenaga surya untuk memaksimalkan konsep penggunaan cahaya matahari.

Kata kunci : MICE, pariwisata, cahaya matahari, lingkungan hijau, sustainable.


[1] Mahasiswa Program Studi S1 Arsitektur Universitas Sam Ratulangi

[2] Staf Pengajar Arsitektur Universitas Sam Ratulangi

Published

2012-11-19