Perancangan dan Implementasi Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Algoritma Steepest Ascent Hill Climbing (Studi Kasus : Fakultas Psikologi UKSW)

Authors

  • Klaudius Nikotino P
  • Magdalena Ineke Pakereng
  • Ramos Somya

DOI:

https://doi.org/10.35799/dc.2.1.2013.2121

Abstract

Abstract
Schedule of courses has been one of the most important part in a university’s teaching and learning activity.  The  large number of  courses and  lecturers  that  are involved,  make some clashes on course’s schedule or class room’s schedule could happens frequently,  so it requires  an application to simplify the
process of developing the course schedule. Steepest ascent hill climbing algorithm is an algorithm that generates all possible solutions, and then checks every solution to obtain optimum solution. The result of this research is this course scheduling system can facilitate courses schedulling, in addition  steepest ascent hill climbing algorithm is able to obtain optimum scheduling courses solutions.  
Keywords : Course Schedulling, Steepest Ascent Hill Climbing

Abstrak
Jadwal mata kuliah telah menjadi salah satu bagian terpenting dalam proses belajar mengajar sebuah universitas.  Banyaknya jumlah mata kuliah   dan  dosen yang terlibat, mengakibatkan sering terjadinya bentrokan  jadwal mata kuliah   atau pun dalam pemakaian ruang perkuliahan,  sehingga diperlukan sebuah aplikasi guna mempermudah proses penyusunan jadwal mata kuliah tersebut.  Algoritma  steepest ascent hill climbing  adalah algoritma yang mengumpulkan seluruh solusi yang mungkin, dan men gecek setiap solusi untuk memperoleh solusi yang optimal. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi yang dibangun dapat digunakan untuk memudahkan penjadwalan mata kuliah selain itu algoritma  steepest ascent hill climbing mampu memperoleh solusi penjadwalan mata kuliah yang optimal.   
Kata Kunci : Penjadwalan Mata Kuliah, Steepest Ascent Hill Climbing.

Published

2013-03-30

How to Cite

P, K. N., Pakereng, M. I., & Somya, R. (2013). Perancangan dan Implementasi Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Algoritma Steepest Ascent Hill Climbing (Studi Kasus : Fakultas Psikologi UKSW). d’Cartesian, 2(1), 11–21. https://doi.org/10.35799/dc.2.1.2013.2121

Issue

Section

Articles