Model Fuzzy Goal Programming Yang Diselesaikan Dengan Linear Programming Pada Perencanaan Produksi

Authors

  • Altien Rindengan Program Studi Matematika FMIPA UNSRAT
  • Prapto Tri Supriyo Departemen Matematika FMIPA IPB
  • Aziz Kustiyo Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB

DOI:

https://doi.org/10.35799/dc.2.2.2013.3236

Abstract

Abstract

Optimization of an objective in the model of linear programming (LP) is widely applied in solving the problems that exist. But with the increasing complexity of these problems, optimization with multiple objectives , known as goal programming (GP) being an option. In this GP, some of these goals were weighted before analysis . In this paper will discuss the formulation of fuzzy goal prongramming (FGP), in which these goals need not be discrete weighted, but enough to consider the decision maker wishes to impose limits on the value of each function's purpose. Fuzzy concept of a fuzzy membership function is applied to functions such objectives to be achieved. The problems in this case is production planning at the company with some goals to be achieved namely income, labor costs, and raw material costs. The result is a model with some objectives can be formulated in FGP models that can be solved with the LP for  production planning of the company.

Keywords : fuzzy goal programming, linear programming, production planning

ABSTRAK

Optimalisasi suatu tujuan dalam model linear programming (LP) banyak diaplikasikan dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada.  Tapi dengan makin kompleksnya masalah-masalah tersebut, pengoptimalan dengan beberapa tujuan atau dikenal dengan goal programming (GP) menjadi pilihan. Dalam GP ini, beberapa tujuan ini diberi pembobotan sebelum dianalisa.  Dalam tulisan ini akan dibahas tentang formulasi fuzzy goal prongramming (FGP), dimana tujuan-tujuan tersebut tidak perlu diboboti secara diskret, tapi cukup dengan mempertimbangkan keinginan pengambil keputusan untuk menentukan batasan nilai pada setiap fungsi tujuan yang ada.  Konsep fuzzy berupa fungsi keanggotaan fuzzy diterapkan pada fungsi-fungsi tujuan yang akan dicapai tersebut.  Masalah  yang digunakan adalah perencanaan produksi pada suatu perusahaan dengan beberapa tujuan yang ingin dicapai yaitu pendapatan, biaya tenaga kerja, dan biaya bahan baku.  Hasil yang diperoleh adalah model beberapa tujuan dapat diformulasi dalam model FGP yang dapat diselesaikan dengan LP untuk perencanaan produksi suatu perusahaan.

Kata kunci :  fuzzy goal programming,  linear programming,  perencanaan produksi

Downloads

Published

2013-10-01

How to Cite

Rindengan, A., Tri Supriyo, P., & Kustiyo, A. (2013). Model Fuzzy Goal Programming Yang Diselesaikan Dengan Linear Programming Pada Perencanaan Produksi. d’Cartesian, 2(2), 26–32. https://doi.org/10.35799/dc.2.2.2013.3236

Most read articles by the same author(s)