Analisis Multidimensional Scaling Untuk Data Evaluasi Pembelajaran Oleh Mahasiswa (Epom) Terhadap Kompetensi Kinerja Dosen Pada Program-Program Studi Di Universitas Sam Ratulangi Manado

Authors

  • Ayu Ningsih Husin Sam Ratulangi University
  • Hanny A.H. Komalig Sam Ratulangi University
  • Marline Paendong Sam Ratulangi University

DOI:

https://doi.org/10.35799/dc.10.2.2021.34977

Abstract

Dalam proses perkuliahan yang dilakukan dosen, baik yang menyangkut tentang kompetensi profesional, dan kinerja dosen merupakan faktor penentu bagi kelancaran proses dan indeks prestasi yang dicapai mahasiswa. Secara  simultan  kompetensi  pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial  berpengaruh  terhadap  penilaian  kinerja  dosen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interpretasi dari sebaran program-program studi dalam plot MDS berdasarkan kompetensi-kompetensi dosen dalam data EPOM tahun 2019 menggunakan analisis multidimensional scaling (MDS). Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner EPOM tahun 2019 di 64 program studi yang berisi 30 pertanyaan tentang kinerja dosen di Universitas Sam Ratulangi. Hasil penelitian didapat empat plot Mulidimensional Scaling dari kompetensi pedagogik dimana ada 2 kelompok prodi, kompetensi professional ada 2 kelompok prodi, kompetensi kepribadian ada 3 kelompok prodi dan kompetensi sosial ada 2 kelompok prodi. Interpretasi dari plot kompetensi pedagogik, Plot kompetensi profesional dan Plot kompetensi kepribadian kelompok prodi 1 cenderung nilainya terhadap skor 4 dan kelompok prodi 2 nilainya cenderung terhadap skor 3. Untuk interpretasi Plot kompetensi sosial kelompok prodi 1 dan kelompok prodi 3 cenderung nilainya terhadap skor 3 dan kelompok prodi 2 cenderung nilainya terhadap skor 4.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Husin, A. N., Komalig, H. A., & Paendong, M. (2021). Analisis Multidimensional Scaling Untuk Data Evaluasi Pembelajaran Oleh Mahasiswa (Epom) Terhadap Kompetensi Kinerja Dosen Pada Program-Program Studi Di Universitas Sam Ratulangi Manado. d’Cartesian, 10(2), 83–90. https://doi.org/10.35799/dc.10.2.2021.34977

Most read articles by the same author(s)

> >>