DESKRIPSI SISTEM ANTRIAN PADA BANK SULUT MANADO

Authors

  • Selvia Hana
  • Tohap Manurung

DOI:

https://doi.org/10.35799/dc.1.1.2012.533

Abstract

Abstrak
Antrian merupakan sesuatu yang lazim kita temukan di tempat -tempat pelayanan umum misalnya antrian di restoran cepat saji, kantor pos, swalayan, dan masih banyak lagi. Penelit ian dilakukan untuk menentukan pelayanan yang optimum sehingga pelayanan  nasabah pada BANK SULUT MANADO
menjadi lebih efisien, efektif, dan memuaskan para nasabah yang menggunakan jasa Bank tersebut, pembatasan masalah dilakukan hanya mencakup tingkat kedatangan, waktu pelayanan, disiplin antrian, dan jumlah fasilitas pelayanan yang tersedia serta  proses antrian. Model antrian yang digunakan adalah model antrian banyak saluran satu tahap  (Multi Chanel Single Phase)  dengan disiplin antrian yang pertama datang pertama keluar. Penelit ian ini dilakukan selama 5 hari dengan mencatat  waktu kedatangan nasabah, waktu mulai dilayani, dan selesai dilayani nasabah yang datang untuk menabung dan menarik uang.  Dengan analisis yang digunakan yaitu uji Poisson untuk menggambarkan tingkat kedatangan nasabah, dan uji Eksponensial untuk menggambarkan pola pelayanan, sehingga diperoleh  kedatangan nasabah rata-rata 0,677 nasabah per menit atau sekitar 40 detik nasabah datang. Dan rata-rata waktu pelayanan 0,303 nasabah per menit atau sekitar 18 detik nasabah dilayani. Maka  dari data ini dapat dilihat bahwa pelayannya sangat cepat dan tingkat kedatangan nasabah sangat lambat. Dan peluang menganggur sebesar 0,303.  
Kata kunci : Sistem Antrian, BANK SULUT MANADO

Abstract
Queue is something that we commonly find in places such as  public service queues at fast food restaurants, post office, supermarkets, etc. The study was conducted to determine the optimum service so that customer service at BANK SULUT MANADO become more efficient, effective, and satisfying our
customers who use the services of the Bank, restrictions on the issue carried out only covers the arrival rate, service time, queue discipline, and the number of service facilit ies available and the process queue. Queuing model used is a model queue many channels one stage (Multi Chanel Single Phase) with the first
queue discipline first came out. The research was conducted for 5 days with a record time of arrival of customers, start time served, and had been served customers who came to save and withdraw money.  With the test analysis was used to describe the Poisson arrival rate of customers, and Exponential test to describe the pattern of services, in order to obtain the average customer arrival of 0.677 customers per minute or 40 seconds customers come. And the average service time of 0.303 customers per minute or 18 seconds customers served. So from these data can be seen that the waiters are very fast and the
customer arrival rate is very slow. And opportunities for idle  0.303.  
Key word: Queuing Systems, BANK SULUT MANADO

Author Biographies

Selvia Hana

Jurusan Mahasiswa, FMIPA, Universitas Sam Ratulangi ,Manado 95115

Tohap Manurung

Jurusan Mahasiswa, FMIPA, Universitas Sam Ratulangi ,Manado 95115

Downloads

Published

2012-09-30

How to Cite

Hana, S., & Manurung, T. (2012). DESKRIPSI SISTEM ANTRIAN PADA BANK SULUT MANADO. d’Cartesian, 1(1), 34–41. https://doi.org/10.35799/dc.1.1.2012.533

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>