Gambaran konsumsi jajanan dan status karies pada anak usia 3-5 tahun di Kelurahan Rinegetan Kecamatan Tondano Barat

Authors

  • Waraney Mamengko
  • Shirley E. S. Kawengian
  • Krista V. Siagian

DOI:

https://doi.org/10.35790/eg.4.1.2016.11060

Abstract

Abstract: Cavity is a classic problem that has existed since long time ago which is one of the causes of tooth ache. Caries is a disease that involves enamel, dentin and cementum. Caries caused by microorganism action on fermented carbohydrate. The prevalence of active caries in Indonesia and in some countries is still high. Caries can occur among all ages, including children. Factors that cause caries regarding to the attitude and the nature of children who like to eat snacks and sweet foods that can cause dental caries. This study aimed to describe the consumption of snacks and status of caries in children aged 3-5 years in the Rinegetan village Tondano. This was a descriptive study with a cross sectional design. There were 52 children aged 3-5 years obtained by using total sampling method. Data were obtained by using def-t index and questionnaire. The results showed that snacks consumed by the children were: candy (75%) and milk (73,07%). The average of dental caries amog the children aged 3-5 years in the Rinegetan village, Tondano, was 2.36 (low category).
Keywords: caries, children, snacks, def–t index

Abstrak: Gigi berlubang merupakan masalah klasik yang sejak dahulu sudah ada yang menjadi salah satu penyebab seseorang merasakan rasa sakit gigi. Karies merupakan suatu penyakit yang menyerang jaringan keras gigi, yaitu email, dentin dan sementum, yang disebabkan oleh aktivitas suatu jasad renik dalam suatu karbohidrat yang dapat diragikan. Prevalensi terjadinya karies aktif pada penduduk Indonesia dan di bebera panegara di dunia adalah cukup tinggi. Karies dapat dialami oleh semua usia termasuk anak-anak. Faktor penyebab karies salah satunya yang dapat diteliti berkaitan dengan sikap maupun sifat dari anak-anak yang suka mengonsumsi jajanan makanan yang manis-manis dapat menyebabkan karies pada gigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran konsumsi jajanan dan status karies pada anak umur 3-5 tahun di kelurahan Rinegetan Kecamatan Tondano Barat. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan cross sectional study. Penelitian ini dilaksanakan di kelurahan Rinegetan Kecamatan Tondano Barat pada bulan September 2015. Sampel terdiri dari 52 anak umur 3-5 tahun diperoleh dengan total sampling method. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen yaitu lembar pemeriksaan def-t dan kuesioner. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa konsumsi jajanan yang masuk dalam kategori paling sering yaitu permen (75%) dan susu (73,07%). Status karies gigi anak berusia 3-5 tahun di Kelurahan Rinegetan, Kecamatan Tondano Barat rata-rata 2,36 yag termasuk dalam kategori rendah.
Kata kunci : karies, anak-anak, jajanan, indeks def-t

Downloads

How to Cite

Mamengko, W., Kawengian, S. E. S., & Siagian, K. V. (2016). Gambaran konsumsi jajanan dan status karies pada anak usia 3-5 tahun di Kelurahan Rinegetan Kecamatan Tondano Barat. E-GiGi, 4(1). https://doi.org/10.35790/eg.4.1.2016.11060

Issue

Section

Articles