HUBUNGAN PENGETAHUAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT DENGAN STATUS KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA SISWA SMA NEGERI 9 MANADO

Authors

  • Yohanes I Gede K.K Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Karel Pandelaki Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Ni Wayan Mariati Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35790/eg.1.2.2013.2620

Abstract

Abstrak: Pengetahuan tentang kebersihan gigi dan mulut sangat penting untuk terbentuknya tindakan dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut. Kebersihan gigi dan mulut dilakukan untuk mencegah penyakit gigi dan mulut, meningkatkan daya tahan tubuh, dan memperbaiki fungsi mulut untuk meningkatkan nafsu makan. Menjaga kebersihan gigi dan mulut pada usia sekolah merupakan salah satu cara dalam meningkatkan kesehatan pada usia dini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan kebersihan gigi dan mulut siswa SMA Negeri 9 Manado sudah cukup baik yang mencapai hasil 95,00%. Status kebersihan gigi dan mulut siswa SMA Negeri 9 Manado dilihat melalui pemeriksaan OHI-S dengan siswa yang memiliki OHI-S baik (48,75%), OHI-S sedang (51,25%) dan tidak ada yang memiliki OHI-S yang buruk.

Kata kunci: pengetahuan, kebersihan gigi dan mulut, usia sekolah.

 

 

Abstract: Knowledge about oral hygiene is essential for the formation of action in maintaining oral hygiene. Oral hygiene to prevent gum disease, increase endurance, and improve the function of the mouth to enhance appetite. Maintain oral hygiene at school age is one way to improve health at an early age. Results of this study indicate that the level of knowledge of oral hygiene 9 Manado State high school students has been good enough to reach the result 95.00%. Dental and oral hygiene status of students of SMA Negeri 9 Manado seen through examination OHI-S with the majority of students have a good OHI-S (48.75%) and moderate (51.25%) and no one has a bad OHI-S.

Key words: knowledge, oral hygiene, school age.

Author Biographies

Yohanes I Gede K.K, Universitas Sam Ratulangi Manado

Kandidat skripsi Program Studi Kedokteran Gigi

Karel Pandelaki, Universitas Sam Ratulangi Manado

Bagian Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran

Ni Wayan Mariati, Universitas Sam Ratulangi Manado

Bagian Kedokteran Gigi Program Studi Kedokteran Gigi

Downloads

How to Cite

K.K, Y. I. G., Pandelaki, K., & Mariati, N. W. (2013). HUBUNGAN PENGETAHUAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT DENGAN STATUS KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA SISWA SMA NEGERI 9 MANADO. E-GiGi, 1(2). https://doi.org/10.35790/eg.1.2.2013.2620