Gambaran Status Karies Anak Sekolah Dasar di Kelurahan Kinilow 1 Kecamatan Tomohon Utara

Authors

  • James Pontonuwu

DOI:

https://doi.org/10.35790/eg.1.2.2013.3145

Abstract

Karies gigi adalah penyakit jaringan gigi yang ditandai dengan kerusakan jaringan, dimulai dari permukaan gigi meluas ke arah pulpa. Karies gigi dapat terjadi pada setiap orang yang dapat timbul pada suatu permukaan gigi dan dapat meluas kebagian yang lebih dalam dari gigi. Masalah utama dalam rongga mulut anak sampai saat ini yaitu penyakit karies gigi, sehingga masalah kesehatan gigi dan mulut menjadi perhatian yang sangat penting dalam pembangunan kesehatan yang salah satunya disebabkan oleh rentannya kelompok anak usia sekolah dari gangguan kesehatan gigi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran status karies anak sekolah dasar di kelurahan Kinilow 1 kecamatan Tomohon Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan desain potong lintang (cross-sectional) dan dilakukan di 2 SD yaitu SD GMIM Kinilow dan SD Katolik Kinilow. Jumlah sampel 73 orang yang diperoleh dengan menggunakan metode total sampling. Hasil penelitian menunjukkan indeks DMF-T rata-rata untuk 73 responden ini yaitu 3,5 yang berdasarkan kriteria WHO berada pada kategori sedang. Rata-rata indeks DMF-T pada anak laki-laki yaitu 3,4 sedangkan anak perempuan 3,6. Indeks DMF-T rata-rata anak dengan pendidikan terakhir orang tua pada tingkat SD sebesar 3, SMP sebesar 3,3, SMA sebesar 3,6, D3 sebesar 4 dan S1 sebesar 3,5, yang seluruhnya berada pada kategori status karies sedang.
Kata kunci : Status karies, anak SD, indeks DMF-T

ABSTRACT
Dental cariesis a dental tissue diseasethat marked bytissue destruction, startingfromthe surface of thetoothextendsto thepulp. Dental cariescanoccuron anypersonthatmayariseonatoothsurfaceandmay extend intothe deeper partof thetooth. The mainproblemsin theoral cavity childrenuntil this timeisdentalcariesdisease, so thatoral healthissuesbe an important concernin thedevelopmentof health which one of them causedby thevulnerability children school ageofdentalhealth problems. This study aims to determine the description ofcariesstatus inprimary school children in Kinilow 1 of NorthTomohon. The research usesdescriptive method with cross-sectionaldesignandconductedfor two schools, that isSDGMIMKinilow and SDKatolikKinilow. Number ofsamples73wereobtainedby using totalsampling method. The results showedDMF-T indexaverage forthe73respondentswas3.5which based onthe WHOcriteria isfair category. The DMF-T index average of male students is 3,4and female students is 3,6. DMF-T indexaverage childrenwiththehighest educationlevelof parents in SD is 3, SMP is 3,3, SMA is 3,6, D3 is 4 and S1 is 3,5, which entirelyare in thecategory offaircariesstatus.
Keywords: Caries status, elementary school children, DMF-T index

Downloads

Published

2013-11-12

How to Cite

Pontonuwu, J. (2013). Gambaran Status Karies Anak Sekolah Dasar di Kelurahan Kinilow 1 Kecamatan Tomohon Utara. E-GiGi, 1(2). https://doi.org/10.35790/eg.1.2.2013.3145