Monitoring Dan Akuisisi Data Sistem Pertanian Pintar Berbasis Web

Authors

  • Christian Daniel Sindua Sam Ratulangi University
  • Vecky Poekoel Sam Ratulangi University
  • Pinrolinvic Manembu Sam Ratulangi University

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v9i2.29220

Abstract

Dalam dunia pertanian masih banyak menggunakan cara konvensional khususnya dalam hal sistem monitoring (pemantauan) objek pertanian. Maka dari itu diperlukan suatu sistem monitoring untuk mempermudah pemantauan objek pertanian dan pengakuisisian data tanpa petani yang turun langsung ke lapangan. Ini bertujuan juga agar kinerja petani dapat lebih efisien dan lebih mudah dalam penanganannya.

Untuk merealisisaikan sistem monitoring dan akusisi data ini dibangun platform Iot dimana terdiri dari modul green house dan ruang pengering, modul-modul ini memiliki beberapa sensor. Arduino UNO dan Wemos D1 mini digunakan sebagai mikrokontroler pada sistem ini. Dimana kedua mikrokontroler ini berfungsi sebagai Iot node yang membaca data dari sensor-sensor yang ada dan dikirimkan ke website.

Hasil bacaan sensor dapat ditampilkan dengan baik pada visualisasi web, sehingga semua parameter dapat disajikan dalam bentuk time-series data. Pengambilan data dilakukan selama beberapa hari, namun data yang disajikan disini hanya lima jam. Keberhasilan pengiriman data adalah 85,20%, dengan rata-rata delay sebesar 0,86 detik dan presentasi data lost adalah sebesar 14,79%.

Author Biographies

Christian Daniel Sindua, Sam Ratulangi University

Student

Vecky Poekoel, Sam Ratulangi University

Lecturer

Pinrolinvic Manembu, Sam Ratulangi University

Lecturer

Downloads

Published

2020-07-20