Monitoring Besaran Listrik Instalasi Menggunakan Aplikasi Android

Authors

  • Mohammad Dahlan Universitas Muria Kudus
  • Budi Cahyo Wibowo Universitas Muria Kudus
  • Solekhan Solekhan Universitas Muria Kudus
  • Solekhan Solekhan Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v11i2.39994

Abstract

Sistem pemantauan besaran listrik secara realtime dibutuhkan untuk memonitor data perubahan besaran listrik setiap waktu. Sistem monitoring ini memanfaatkan aplikasi android sehingga dapat dipantau setiap saat. Dengan pertumbuhan beban listrik menimbulkan permasalahan tersendiri karena penambahan beban listrik sesaat sering dilakukan dengan  sambungan langsung pada jaringan instalasi secara tak terencana sehingga dapat menyebabkan ketidakmerataan pembebanan untuk masing-masing fasa R, S dan T. Penelitian ini bertujuan membuat alat untuk memonitor penambahan beban yang terjadi, kemudian besaran tegangan dan arus yang terukur akan diinformasikan ke operator melalui aplikasi android. Metode yang digunakan adalah riset development sehingga menghasilkan alat pendeteksi beban listrik dengan menggunakan aplikasi android. Langkah penelitian  yang dilakukan meliputi; perancangan hardware, perancangan software, pengujian  kerja alat, dan analisa hasil. Dari hasil pengujian yang dilakukan diperoleh hasil pembacaan sistem monitoring tegangan diperoleh tingkat error 0,2% untuk phasa R, tingkat error 0,4% untuk phasa S dan tingkat error 0,22% untuk phasa T dan pada sistem monitoring arus diperoleh tingkat error 2,3% untuk phasa R, tingkat error 1,9% untuk phasa S, dan tingkat error 1,7% untuk phasa T.

References

I. Dinata and W. Sunanda., “Implementasi Wireless Monitoring,†Nas. Tek. Elektro, vol. no 1, pp. 83–88, 2015.

Y. Sun and Z. Wang, “The Energy Consumption Monitoring Platform Design for Large-Scale Industry Users Based on the GPRS,†Int. Conf. Mech. Autom. Control Eng, pp. 7827–7830, 2011.

A. R. Al-Ali and M. Arshad, “GSM-based Distribution Transformer Monitoring System,†IEEE MELECON, pp. 999–1002, 2004.

M. A. Hayati and S. F. Babiker, “Design and Implementation of Low-Cost SMS Based Monitoring System of Distribution Transformer,†Conf. Basic Sci. Eng. Stud., 2016.

N. Soedjarwanto and Gigih Forda, “Monitoring Arus , Tegangan dan Daya pada Transformator Distribusi 20 KV Menggunakan Teknologi Internet of Things,†Eeccis, vol. 13, no. 3, pp. 128–133, 2019.

Y. R. Hadi Prayogo, Herri Gusmedi, “Prototype Proteksi Arus Lebih Menggunakan Current Transformer Berbasis Mikrokontroller Atmega32.â€

“https://mikroavr.com/sensor-pzem-004t-arduino.â€

https://www.edukasielektronika.com/2019/07/arsitektur-dan-fitur-esp32-module-esp32.html.â€

W. . Riayadi, Pengujian MCB berdasarkan standar IEC 947-2. Yogyakarta, 2018.

Downloads

Published

2022-07-05