Analisa dan Perancangan Arsitektur Jaringan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Penanggulangan Penyakit (BTKLPP)

Authors

  • Johanes E. Siswosubroto
  • Alicia A.E. Sinsuw
  • Xaverius B.N. Najoan

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v4i5.9978

Abstract

Abstrak - Pada saat ini, kemajuan teknologi informasi dan berkembangnya berbagai jenis alat-alat elektronik telah berdampak besar pada kehidupan sehari-hari semua orang termasuk juga dengan semua kegiatan perkantoran.

Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Penanggulangan Penyakit yang merupakan bagian dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia yang memiliki tugas melaksanakan surveilans epidemiologi, kajian dan penapisan teknologi, laboratorium rujukan, kendali mutu, kalibrasi, pendidikan dan pelatihan, pengembangan model dan teknologi tepat guna, kewaspadaan dini dan penanggulangan kejadian luar biasa di bidang pengendalian penyakit dan kesehatan lingkungan.

Namun, pada saat ini Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Penanggulangan Penyakit belum memiliki jaringan komputer yang baik untuk menghubungkan semua staff dalam gedung Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Penanggulangan Penyakit.

Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan analisa dan perancangan arsitektur jaringan dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Penanggulangan Penyakit dengan menggunakan metode Network Development Life Cycle dan akan disimulasikan menggunakan aplikasi Packet Tracert.

Hasil dari analisa dan perancangan jaringan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Penanggulangan Penyakit diharapkan dapat menjadi acuan dalam pembuatan cetak biru rancangan jaringan pada saat yang akan datang.

Kata kunci: Arsitektur Jaringan,Jaringan Komputer, Network Development Life Cycle, Packet Tracert.

Abstract - In these day, the evolution of information technology and the expanding of many electronic devices has a big impact for everybody lifes including all of the office worklife.

Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Penanggulangan Penyakit as part of Indonesian Health Ministry which has the task of carrying out epidemiological surveillance, assessment and screening technologies, reference laboratories, quality control, calibration, education and training, development of models and appropriate technology, early warning and prevention of extraordinary outbreaks in the field of disease control and environmental health.

However, at this time Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Penanggulangan Penyakit yet have a good computer network to connect all the staff inside the Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Penanggulangan Penyakit building.

Based on that, in this research will be done an analysis and network architecture designing of Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Penanggulangan Penyakit using the Network Development Life Cycle method and will be simulated using Packet Tracert application.

The results hopely will become the base for the network construction  blueprintBalai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Penanggulangan Penyakit in the future.

Keyword : Computer Network, Network Architecture, Network Development Life Cycle, Packet Tracert.

Downloads

Published

2015-11-05