BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA FRESH MART BAHU MALL MANADO

Authors

  • Christian A.D Selang Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.1374

Abstract

Bauran pemasaran adalah satu perangkat yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi, yang didalamnya akan menentukan tingkat keberhasilan pemasaran dan semua itu ditujukan untuk mendapatkan respon yang diinginkan dari pasar sasaran. Loyalitas pelanggan adalah hasil yang didapat dari satu organisasi yang menciptakan manfaat kepada pelanggannya, sehingga mereka akan tetap melakukan pembelian dan bahkan meningkatkan pembelian dari organisasi tersebut. Loyalitas konsumen yang sesungguhnya tercipta jika pelanggan menjadi advokat bagi perusahaan tanpa insentif sekalipun. Metode pengambilan sampel yang digunakan berdasarkan teknik non probability yaitu purposive Sampling, dimana sampel dipilih secara sengaja dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial produk, harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dan promosi, tempat tidak  berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Secara Simultan produk, harga, promosi  dan tempat berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Mengingat promosi dan tempat memiliki pengaruh yang lemah terhadap loyalitas konsumen, maka sebaiknya managemen memperhatikan dan meningkatkan peran dari  promosi dan pemilihan tempat dalam perencanaan pemasaran perusahan.

 

Kata kunci: bauran pemasaran, loyalitas konsumen

Author Biography

Christian A.D Selang, Universitas Sam Ratulangi Manado

Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2013-06-01