PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE), NET PROFIT MARGIN (NPM), DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM INDEKS LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2013-2015

Authors

  • Gerald E. Y. Egam Universitas Sam Ratulangi
  • Ventje Ilat Universitas Sam Ratulangi
  • Sonny Pangerapan Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.5.1.2017.15455

Abstract

Abstrak: Analisis fundamental merupakan pendekatan yang sering digunakan dalam memprediksi pergerakan harga saham. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh ROA, ROE, NPM, dan EPS terhadap harga saham perusahaan yang tergabung dalam indeks LQ45 periode tahun 2013-2015. Populasi dalam penelitian ini yakni perusahaan yang tergabung dalam indeks LQ45. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling yang berjumlah 20 perusahaan. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa ROA () dan ROE () tidak memiliki pengaruh terhadap harga saham (Y). NPM () berpengaruh negatif terhadap harga saham (Y). EPS () berpengaruh positif terhadap harga saham (Y). Berdasarkan hasil dari tabel koefisien determinasi, nilai adjusted R²adalah sebesar 0,840. Hal ini berarti kemampuan variabel independen yakni ROA, ROE, NPM, dan EPS dalam menjelaskan variabel dependen yakni harga saham adalah sebesar 82,7%, sedangkan 17,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata kunci:  Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS), Harga Saham.

Author Biographies

Gerald E. Y. Egam, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ventje Ilat, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Sonny Pangerapan, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2017-05-03