ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA BERDASARKAN PERMENDAGRI NO. 113 TAHUN 2014 (Studi Kasus di Desa Adow Kecamatan Pinolosian Tengah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan)

Authors

  • Jeacklin Valenia Mamuaya Universitas Sam Ratulangi
  • Harijanto Sabijono Universitas Sam Ratulangi
  • Hendrik Gamaliel Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.5.2.2017.16060

Abstract

Abstrak: Pengelolaan keuangan desa merupakan kegiatan yang mengatur keuangan desa menjadi lebih baik. Pengelolaan keuangan desa yang baik yaitu berdasarkan pada peraturan yang ada serta bergantung pada kemampuan sumber daya manusia yang mengelolanya. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kegiatan pengelolaan keuangan desa di Desa Adow yang meliputi kegiatan penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban dengan menggunakan metode penelitian deskritif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penyebab tidak digunakan Permendagri No. 113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa yaitu kurang pahamnya SDM akan peraturan-peraturan yang ada. Untuk kegiatan penatausahaan keuangan desa di Desa Adow keseluruhan sudah baik. Kegiatan pelaporan keuangan desa di Desa Adow sudah baik tetapi masih ada ketidaksesuaian dalam pelaporan ke daerah. Serta kegiatan pertanggungjawaban keuangan desa di Desa Adow menunjukkan masih ada beberapa hal yang tidak sesuai dan belum adanya pertanggungjawaban langsung kepada masyarakat. Sistem pengelolaan keuangan desa di Desa Adow sudah menggunakan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES).  Sebaiknya kegiatan pengelolaan keuangan desa berikut sudah menggunakan Permendagri No. 113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Kata Kunci: Penatausahaan Keuangan Desa, Pelaporan Keuangan Desa, Pertanggungjawaban Keuangan Desa, Permendagri No. 113 Tahun 2014.

Author Biographies

Jeacklin Valenia Mamuaya, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

Harijanto Sabijono, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

Hendrik Gamaliel, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

Downloads

Published

2017-06-08