PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN IKLAN TELEVISI TERHADAP MINAT BELI SEPEDA MOTOR YAMAHA (STUDY PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO)

Authors

  • Alpha Harpendianus Simak Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Ivonne S. Saerang Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Arrazi Bin Hasan Jan Fakultas Ekonomi dan Bisnis

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16639

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara simultan variabel celebrity endorser dan iklan televisi terhadap minat beli sepeda motor Yamaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Jenis penelitian ini merupakan penilitian kuantitatif dengan populasi yaitu seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado pengguna motor Yamaha. Sampelnya berjumlah 100 orang responden dengan pengambilan sampel secara purposif dengan kriteria yaitu mahasiswa yang berminat untuk membeli sepeda motor Yamaha ataupun yang memiliki sepeda motor Yamaha. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Celebrity Endorser dan Iklan Televisi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli sepeda motor Yamaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. 2) Celebrity Endorser memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli sepeda motor Yamaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. 3) Iklan Televisi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli sepeda motor Yamaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado.

 

Kata Kunci: Celebrity Endorser, Iklan Televisi, Minat Beli

Author Biographies

Alpha Harpendianus Simak, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Sam Ratulangi

Ivonne S. Saerang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Sam Ratulangi

Arrazi Bin Hasan Jan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Sam Ratulangi

Downloads

Published

2017-09-03