PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN PERSEPSI NILAI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA RM. D’FISH KAWASAN MEGAMAS MANADO)

Authors

  • Tesalonika Tiffany Tilaar Universitas Sam Ratulangi
  • Agus Supandi Soegoto Universitas Sam Ratulangi
  • Fitty Valdi Arie Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.17570

Abstract

Abstrak : Pemasaran memiliki peran bagi keberhasilan suatu usaha, terutama dalam menghadapi persaingan. Mempertahankan keunggulan, dan mengembangkan usaha untuk senantiasa mencapai laba. Memberikan atmosphere yang menyenangkan, menarik, serta bisa membuat konsumen merasa nyaman ketika berada di dalam restoran merupakan salah satu cara agar bisa menarik konsumen untuk melakukan pembelian, dengan begitu kepuasan maksimal yang diberikan perusahaan akan membentuk persepsi nilai konsumen yang positif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh store atmosphere dan persepsi nilai terhadap keputusan pembelian pada RM. D’Fish Kawasan Megamas Manado. Metode yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa store atmosphere dan persepsi nilai berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Persepsi Nilai berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil yang didapat, maka rumah makan sebaiknya meningkatkan store atmosphere serta memberikan nilai yang positif kepada konsumen.

 

Kata kunci : store atmosphere, persepsi nilai, keputusan pembelian

Author Biographies

Tesalonika Tiffany Tilaar, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Agus Supandi Soegoto, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fitty Valdi Arie, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2017-10-20