PENGARUH POTONGAN HARGA DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA MATAHARI DEPARTEMENT STORE MEGA MALL MANADO

Authors

  • Meigie Putri Dalihade Universitas Sam Ratulangi
  • James D.D Massie Universitas Sam Ratulangi
  • Maria V. J. Tielung Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.17617

Abstract

Abstrak : Dengan berjalannya pertumbuhan bisnis ritel di Kota Manado, menyebabkan semakin tingginya pula tingkat persaingan bisnis ritel yang dihadapi oleh Matahari Department Store. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh potongan harga, dan store atmosphere terhadap impulse buying. Penelitian ini telah menguji adanya dua variabel independen yaitu potongan harga, dan store atmosphere yang dapat mempengaruhi variabel dependen yaitu impulse buying. Metode yang digunakan analisis regresi berganda. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa potongan harga, dan store atmosphere berpengaruh terhadap impulse buying. Semakin banyak diskon harga yang diberikan oleh perusahaan akan semakin banyak pula konsumen yang akan berbelanja di MDS, suasana toko semakin ditingkatkan agar konsumen merasa nyaman berada dalam MDS. Potongan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Perusahaan tetap memperbanyak diskon dan promosi-promosi agar supaya dapat menarik minat beli konsumen sehingga konsumen akan melakukan perbelanjaan di MDS. Store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Pencahayaan, wangi-wangian, penetapan barang sebaiknya diperhatikan agar supaya bisa menarik konsumen serta mempengaruhi konsumen untuk memutuskan melakukan pembelian pada Matahari Departement Store Mega Mall Manado.

Kata kunci : potongan harga, suasana toko, secara tidak terencana

Author Biographies

Meigie Putri Dalihade, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

James D.D Massie, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Maria V. J. Tielung, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2017-10-20