ANALISIS FAKTOR PEMBEDAAN KEPUTUSAN MEMBELI PAKAIAN DI FRESHMART BAHU MANADO (Studi pada Konsumen Pria dan Wanita serta Pembelian yang Direncanakan dan Pembelian yang Tidak Direncanakan)

Jane G. Poluan, Reitty L. Samadi

Abstract


Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor-faktor yang membedakan keputusan membeli pada konsumen pria dan wanita serta pembelian yang direncanakan dan pembelian yang tidak direncanakan, dan untuk melihat faktor mana yang paling dominan dari antara ke-10 faktor tersebut, yang mempengaruhi keputusan membeli pada jenis konsumen di atas. Penelitian ini mengunakan penelitian komparatif (uji perbedaan), dimana 2 hal yang akan diuji, adalah perilaku pembelian pria dan wanita serta konsumen yang berbelanja dengan pola direncanakan dan tidak direncanakan (inpusif buying). Hasil penelitian menunjukkan variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), kualitas layanan (X5), motivasi membeli (X6), kepribadian konsumen (X7), kelompok referensi (X8) memiliki pengaruh yang besar baik bagi konsumen pria maupun konsumen wanita dan bahkan didapati perbedaan yang signifikan antara keduanya dalam memutuskan membeli suatu barang. Variabel motivasi membeli (X6) merupakan variabel yang paling berpengaruh. Selanjutnya pembelian yang tidak direncanakan juga memiliki potensi untuk meningkatkan keputusan pembelian secara positif.
Kata Kunci : faktor pembeda keputusan pembelian, konsumen pria dan wanita, pembelian direncanakan dan tidak direncanakan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.18078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.