PENGARUH KEADILAN ORGANISASI, DISIPLIN KERJA, DAN KONFLIK PEKERJAAN DAN KELUARGA TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PT. BANK OCBC NISP, TBK CABANG MANADO)

Authors

  • Johanes . Tangka Universitas Sam Ratulangi
  • Silvya . Mandey Universitas Sam Ratulangi
  • Victor P.K Lengkong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.18462

Abstract

Abstrak :Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan Hubungan secara simultan dan parsial dari variabel Keadilan Organisasi, Disiplin Kerja dan Konflik Pekerjaan dan Keluarga Terhadap Kinerja Karyawan melalui Komitmen Organisasi sebagai variabel Intervening. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian yang dilakukan dengan metode Regresi Linear Berganda dan Analisa Jalur Objek Penelitian yang dipilih adalah PT. Bank OCBC NISP, Tbk dengan populasi berjumlah 30 karyawan. Teknik Analisis Data dengan Bantuan Software SPSS v.22 untuk Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Keadilan Organisasi(X1) berpengaruh positif signifikan terhadap Komitmen Organisasi(Y), serta Variabel Disiplin Kerja(X2) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi(Y), Variabel Konflik Pekerjaan dan Keluarga(X3) berpengaruh positif signifikan terhadap Komitmen organisasi(Y). Seluruh variabel X dan Y berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan (Z).

 

Kata Kunci : Keadilan Organisasi, Komitmen Organisasi, Disiplin Kerja, Konflik Pekerjaan dan Keluarga, Kinerja Karyawan.

Author Biographies

Johanes . Tangka, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Silvya . Mandey, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Victor P.K Lengkong, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2017-12-21