ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN ECERAN (RETAIL MARKETING MIX) YANG MENENTUKAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA PERUSAHAAN MATAHARI DEPT. STORE MTC MANADO)

Authors

  • Fyolanda . Lengkong Universitas Sam Ratulangi
  • Jantje . Sepang Universitas Sam Ratulangi
  • Joy Elly Tulung Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.18643

Abstract

Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh: (1) produk, harga, tempat, promosi, bukti fisik, orang dan proses secara simultan terhadap tingkat kepuasan konsumen pada perusahaan Matahari Dept. Store MTC Manado, (2) produk, harga, tempat, promosi, bukti fisik, orang dan proses secara parsial terhadap tingkat kepuasan konsumen pada perusahaan Matahari Dept. Store MTC Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian asosiatif dengan teknik Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa produk, harga, tempat dan promosi, bukti fisik, orang dan proses berpengaruh secara simultan terhadap tingkat kepuasan konsumen pada perusahaan Matahari Dept. Store MTC Manado. Sedangkan bukti fisik, orang dan proses tidak berpengaruh secara parsial terhadap tingkat kepuasan konsumen pada perusahaan Matahari Dept. Store MTC Manado. Saran dalam penelitian ini adalah perlu meningkatkan penggunaan strategi pemasaran dalam hal layanan produk kepada para konsumen.
Kata Kunci: produk, harga, tempat, promosi, bukti fisik, orang, proses, tingkat kepuasan konsumen

Author Biographies

Fyolanda . Lengkong, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jantje . Sepang, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Joy Elly Tulung, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-01-10