ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL DAIHATSU AYLA PADA PT. ASTRA INTERNATIONAL Tbk. DAIHATSU CABANG MARTADINATA MANADO

Celina A. Rompas, Victor P.K Lengkong, Merlyn M. Karuntu

Abstract


Abstrak: Dalam perkembangan dan pertumbuhan industri otomotif yang ada saat ini khususnya mobil, strategi pemasaran menjadi salah satu faktor penentu.Tingginya permintaan memicu tingginya persaingan antar perusahaan untuk menjual produk masing-masing. Untuk itu pihak manajemen Daihatsu cabang Martadinta Manado harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian mobil Daihatsu Ayla pada PT. Astra International Daihatsu Cabang Martadinata Manado.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif, dengan lokasi penelitian pada PT. Astra International Daihatsu Cabang Martadinata Manado.Populasinya adalah Pemilik mobil Daihatsu Ayla di Manado dengan menarik sampel sebanyak 100 orang sebagai responden dengan menggunakan jenis data yang diperoleh secara langsung pada responden atau dengan menggunakan kuesioner dan data tidak langsung yaitu data yang di dapat dari perusahaan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: secara parsial variabel produk dan variabel promosiberpengaruh secara signifikan terhadapkeputusan pembelian mobil, sementara variabel harga dan variabel tempattidak berpengaruhsecara signifikanterhadap keputusan pembelian mobil Daihatsu Ayla pada PT. Astra International Tbk. Daihatsu Cabang Manado. Secara simultanproduk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Saran yaitu PT. Astra International Tbk. Daihatsu Cabang Martadinata Manado harus menggali kembali upaya-upaya untuk meningkatkan bauran pemasaran dalam meningkatkan minat konsumen.
Kata kunci: bauran Pemasaran, keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.18652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.