PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPEAKER MEREK YAMAHA DI FORTINO AUDIO MANADO

Buds . Katili, Silvya L. Mandey, Ivonne S. Saerang

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian speaker merek Yamaha di Fortino Audio Manado. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif. Objek penelitian yang menjadi variabel bebas adalah kualitas produk (X1) dan persepsi harga (X2) serta keputusan pembelian (Y) sebagai variabel terikat. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli speaker merek Yamaha di Fortino Audio Manado. Sampel yang digunakan adalah sebagian dari konsumen yang pernah membeli speaker merek Yamaha di Fortino Audio Manado dan diambil sebanyak 40 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas menggunakan metode product moment, uji reliabilitas menggunakan metode alpha cronbach dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian, persamaan regresi Y = 7,646 + 0,537 (X1) + 0,098 (X2) + e. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliable. Variabel yang paling memiliki pengaruh paling besar adalah variabel kualitas produk, sedangkan variabel persepsi harga berpengaruh negatif. Pengujian hipotesis menggunakan Uji-T menunjukkan bahwa variabel kualitas produk terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen keputusan pembelian, sedangkan variabel persepsi harga tidak. 

Kata kunci: kualitas produk, persepsi harga, keputusan pembelian 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.6.1.2018.18826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.