ANALISIS PEMASARAN JASA GADAI EMAS DI PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG MALALAYANG

Authors

  • Muhammad . Muhlisin Universitas Sam Ratulangi
  • S.L.H.V Joyce Lapian Universitas Sam Ratulangi
  • Arrazi Hasan Jan Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v6i1.19092

Abstract

Abstrak: Jasa merupakan suatu aktivitas maupun kinerja yang ditawarkan kepada suatu pihak kepada pihak lain guna memberikan kepuasan kepada konsumen karena dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka yang pada dasarnya tidak berwujud serta tidak menghasilkan kepemilikan akan sesuatu.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pemasaran jasa Gadai Emas terhadap realisasi keredit secara parsial dan secara simultan dan terhadap jumlah nasabah secara parsial dan simultan. Metode kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian secara simultan bauran promosi, kepuasan pelanggan dan suku bunga kredit sangat berpengaruh signifikan terhadap keungulan pegadain sedangkan, secara parsial bauran promosi tidak berpengaruh signifikan. Pimpinan PT. Pegadain (Persero) Cabang Malalayang, sebaiknya, dapat menetapkan tingkat bunga yang lebih rendah sehingga masyarakat umumnya akan lebih mudah mengakses serta meningkatkan permintaan jasa gadai dimasa yang akan datang.

 

Kata kunci: karakteristik bauran promosi, kepuasan pelanggan dan suku bunga kredit

 

Author Biographies

Muhammad . Muhlisin, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

S.L.H.V Joyce Lapian, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Arrazi Hasan Jan, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-04-12