ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK TABUNGAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK SULUT GO CABANG UTAMA MANADO

Authors

  • Agustinus . Petege Universitas Sam Ratulangi
  • Frederik G. Worang Universitas Sam Ratulangi
  • Imelda W.J Ogi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v6i2.20039

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan produk tabungan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Sulut Go Cabang Utama Manado baik secara simultan (bersama-sama) dan parsil (masing-masing). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi lapangan (menyebarkan kuesioner) dan studi pustaka. Metode analisa data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan terakhir analisis analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan  (X1) dan produk tabungan (X2), secara bersama-sama tidak signifikan terhadap variabel loyalitas nasabah (Y). Hasil Koefisien Korelasi (R) menunjukkan kualitas pelayanan  (X1) dan produk tabungan (X2), terhadap loyalitas nasabah  (Y) mempunyai hubungan yang tinggi, dan hasil Koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1) dan produk tabungan  (X2) sangat berpengaruh terhadap loyalitas nasabah (Y) sedangkan pengaruh lainnya yang diperoleh dari variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Variabel Kualitas Pelayanan (X1) memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Produk Tabungan dan Loyalitas Nasabah

 

Author Biographies

Agustinus . Petege, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Frederik G. Worang, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Imelda W.J Ogi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-07-05