REAKSI INVESTOR DALAM PASAR MODAL ATAS PERISTIWA MENGUATNYA KURS DOLAR AMERIKA SERIKAT TERHADAP NILAI TUKAR RUPIAH PADA 26 AGUSTUS 2015 (Study pada perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage yang listed di BEI)

Christa T.S. Liwe, Parengkuan . Tommy, Joubert B. Maramis

Abstract


Abstrak: Menguatnya kurs dolar terhadap nilai tukar rupiah merupakan sebuah peristiwa ekonomi yang dapat mempengaruhi aktivitas-aktivitas pasar modal Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris perbedaan abnormal return dan trading volume activity sebelum dan sesudah menguatnya kurs dolar Amerika Serikat terhadap nilai tukar rupiah pada 26 Agustus 2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan. Ada 14 perusahaan sub sektor food and beverage yang digunakan dalam penelitian ini sebagai sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Data kuantitatif dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik paired sample t-test yang didukung oleh program SPSS versi 24. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan abnormal return dan trading volume activity sebelum dan sesudah menguatnya kurs dolar Amerika Serikat terhadap nilai tukar rupiah pada 26 Agustus 2015. Sebaiknya pihak perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage dapat selalu menjaga stabilitas dan peningkatan return saham dan volume perdagangan saham.

 

Kata Kunci: event study, abnormal return, trading volume activity, menguatnya kurs dolar amerika serikat terhadap nilai tukar rupiah pada 26 Agustus 2015

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.