PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA STEINER SALON MANADO

Lisa . Maskun, Agus S. Soegoto, Rotinsulu J. Jorie

Abstract


Abstrak: Perkembangan dunia usaha dewasa ini semakin pesat, persaingan di antara perusahaan yang sejenis sangatlah ketat. Setiap pemimpin perusahaan ingin perusahaannya menjadi yang terbaik di antara perusahaan-perusahaan yang lain. Dalam perusahaan yang berbasis jasa maka harus mengutamakan fasilitas di atas segalanya demi kepuasan pelanggannya. Fasilitas adalah segala sesuatu yang memudahkan konsumen di bidang jasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah experiential marketing dan kualitas layanan untuk kepuasan pelanggan di Steiner Salon, untuk mengetahui apakah experiential marketing untuk kepuasan pelanggan di Steiner Salon dan untuk mengetahui apakah kualitas layanan untuk kepuasan pelanggan di Steiner Salon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif. Populasi 4.896 pelanggan Steiner. Hasil penelitian ini: experiential marketing berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan Steiner Salon karena dilihat dari hasil penelitian menunjukkan nilai positif tetapi tidak signifikan hasilnya dan kualitas jasa memiliki pengaruh positif dan signifikan serta nilai signifikan karena nilainya lebih rendah. Dimana kualitas layanan merupakan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan Steiner Salon Manado. Pengelola Steiner Salon Manado harus mampu menjaga kualitas pelayanannya agar konsumen tidak berpindah ke salon yang lain.

Kata Kunci: experiensial pemasaran,kualitas jasa, dan kepuasan pelanggan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.