PENGARUH SERVICESCAPE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KOMITMEN NASABAH TABUNGAN PADA BANK SULUTGO MANADO

Authors

  • Wanly . Ruata Universitas Sam Ratulangi
  • Lisbeth . Mananeke Universitas Sam Ratulangi
  • Imelda W.J Ogi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20215

Abstract

Abstrak: Karena kegiatan perekonomian berhubungan erat dengan perbankan, Bank merupakan lembaga keuangan yang menjadi tempat bagi perusahaan, badan-badan pemerintahan dan swasta, maupun perorangan untuk menyimpan dananya. Untuk meningkatkan laba perusahaan dan menjaga komitmen nasabah pada bank tersebut maka perusahaan perlu meningkatkan servicescape dan kualitas layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Servicescape dan kualitas pelayanan terhadap komitmen nasabah tabungan pada Bank SulutGo Manado. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan Servicescape dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap komitmen nasabah. Sebaiknya perusahaan meningkatkan kualitas pelayanan yang ada dan tetap mempertahankan Servicescape yang sudah dilakukan perusahaan agar tidak hanya melihat dari satu aspek saja tapi melihat dari beberapa aspek.

 

Kata Kunci :  servicescape, kualitas layanan, komitmen nasabah

 

Author Biographies

Wanly . Ruata, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Lisbeth . Mananeke, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Imelda W.J Ogi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-07-17