PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. AIR MANADO

Authors

  • Freekley Steyfli Maramis Universitas Sam Ratulangi
  • Jantje L. Sepang Universitas Sam Ratulangi
  • Agus S. Soegoto Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.6.3.2018.20411

Abstract

Abstrak: Kebutuhan akan Air bersih sangat dicari dari para konsumen terutama kebutuhan dalam berumah tangga, yang harus dilakukan adalah memberikan kualitas produk yang sesuai dengan keinginan konsumen karena kualitas produk mempunyai peranan yang penting dalam menimbulkan kepuasan konsumen. Semakin baik dan meyenangkan kualitas pelayanan yang diberikan pada konsumen maka tidak ragu-ragu konsumen untuk membayar Air yang harganya sudah sesuai dengan kebutuhan yang didapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Air Manado (2) kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada PT. Air Manado; (3) harga terhadap kepuasan konsumen pada PT. Air Manado; dan (4) kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Air Manado. Metode yang dipakai analisis regresi linier berganda, Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Perusahaan harus bisa menentukan strategi yang tepat agar perusahaan tersebut dapat bertahan dan berkembang.

Kata Kunci : kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen.

Author Biographies

Freekley Steyfli Maramis, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jantje L. Sepang, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Agus S. Soegoto, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-07-20