ANALISIS INFORMATION SHARING BERBASIS APLIKASI UNTUK SIMPLIFIKASI PROSES BISNIS PADA PT. ANGKASA PURA 1 (PERSERO) BANDAR UDARA INTERNATIONAL SAM RATULANGI MANADO

Authors

  • Roberto Silas Pattipeiluhu Universitas Sam Ratulangi
  • Jacky S.B Sumarauw Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20439

Abstract

Abstrak: Proses bisnis merupakan proses inti perusahaan untuk dapat terus berkelanjutan. Pada masa kini, perusahaan harus mampu menyederhanakan proses bisnisnya dan melakukan inovasi-inovasi dalam proses bisnisnya untuk dapat bersaing dengan kompetitornya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis information sharing berbasis aplikasi menghasilkan simplifikasi proses bisnis pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado secara khusus proses seleksi mitra usaha. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan memaparkan bagaimana information sharing berbasis aplikasi dapat menyederhanakan proses bisnis dengan dasar teori Business Process Re-Engineering (BPR). Data yang digunakan adalah data primer berupa hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan sudah optimal dari proses konvensional yang berkisar pada 2-2,5 bulan menjadi 31 hari. Akan tetapi masih perlu dikembangkan dalam beberapa aspek.

 

Kata Kunci: information sharing, information sharing berbasis aplikasi, simplifikasi proses bisnis, proses bisnis, business process re-engineering (bpr)

Author Biographies

Roberto Silas Pattipeiluhu, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jacky S.B Sumarauw, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-07-20