PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK SEPEDA MOTOR YAMAHA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT. HASJRAT ABADI DI MANADO

Authors

  • Ralph Edfrans Tuju Universitas Sam Ratulangi
  • Sjendry . Loindong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20480

Abstract

Abstrak: Kepuasan konsumen merupakan hal penting bagi setiap perusahaan jasa dan barang. Kepuasan dapat diartikan sebagai perasaan puas, rasa senang, dan kelegaan seseorang dikarenakan kualitas pelayanan dan mengkonsumsi suatu produk tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan produk sepeda motor Yamaha terhadap kepuasan konsumen PT. Hasjrat Abadi Manado. Populasi penelitian ini 1910 konsumen dan sampel yang digunakan 100 reponden konsumen dengan menggunakan teknik accidental sampling. Metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis regresi berganda, serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan kualitas pelayanan dan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan secara persial produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Manajemen perusahan sebaiknya lebih memperhatikan produk sehingga dapat ditingkatkan lagi agar hasil berpengaruh pada kepuasan konsumen.

 

Kata Kunci: kualitas pelayanan, produk, kepuasan konsumen

 

 

Author Biographies

Ralph Edfrans Tuju, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Sjendry . Loindong, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-07-23