ANALISIS PENGARUH GREEN MARKETING DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) AQUA DI KOTA MANADO

Authors

  • Tirza M.J. Desanto Universitas Sam Ratulangi
  • Silvya L. Mandey Universitas Sam Ratulangi
  • Djurwati . Soepeno Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20911

Abstract

Abstrak: Green marketing dan corporate social responsibility (CSR) bisa menjadi strategi perusahaan untuk mengurangi dampak pemanasan global. Meskipun citra merek AQUA sudah kuat, AQUA tetap menjalankan green marketing dan CSR sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh green marketing dan CSR terhadap keputusan pembelian dengan citra merek sebagai variabel intervening pada konsumen produk Air Minum Dalam Kemasan AQUA. Responden dalam penelitian ini berjumlah 146 orang yang merupakan konsumen produk AQUA di Kota Manado. Teknik sampling menggunakan accidental sampling dengan metode analisis jalur. Hasil Penelitian menunjukan bahwa green marketing dan CSR bepengaruh signifikan secara langsung terhadap citra merek AQUA. Green marketing, CSR, dan Citra merek berpengaruh signifikan secara langsung terhadap keputusan pembelian AQUA. Citra merek tidak berpengaruh sebagai mediasi variabel green marketing terhadap keputusan pembelian AQUA disebabkan desain kemasan yang bervariasi, produk ramah lingkungan dan produk higenis sudah cukup menjadi alasan konsumen membeli tanpa melihat citra merek AQUA. Citra merek berpengaruh signifikan sebagai mediasi variabel CSR terhadap keputusan pembelian AQUA. Perusahaan hendaknya mempertahankan citra merek dan terus mengembangkan strategi green marketing dan program CSR agar perusahaan bisa ekpansi tidak hanya di indonesia namun ke luar negeri.

 

Kata Kunci: green marketing, corporate social responsibility, citra merek, keputusan pembelian.

Author Biographies

Tirza M.J. Desanto, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Silvya L. Mandey, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Djurwati . Soepeno, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-10-09