PENGARUH KEPERCAYAAN, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA SHOPPE SECARA ONLINE PADA ANGGOTA PEMUDA GMIM ZAITUN MAHAKERET
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20932Abstract
Abstrak : Di era media digital seperti sekarang ini, memiliki bisnis online memang merupakan salah satu hal yang sangat menguntungkan. Setelah masyarakat mengenal sistem transaksi secara online, maka dewasa ini pun diketahui bahwa tingkat pengguna layanan jual beli online memang semakin meningkat. Hal tersebutlah yang membuat segmen bisnis online kini meningkat drastis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kepercayaan, dan Motivasi Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Anggota Pemuda GMIM Zaitun Mahakeret secara simultan dan secara parsial. Metode dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis data regresi linear berganda. Jumlah sampel yang didapat dengan menggunakan metode Purposive Sampling ialah sebanyak 60. Berdasarkan hasil uji hipotesis T ditemukan bahwa model penelitian yang terdiri dari Kepercayaan dan Motivasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Minat Membeli secara online. Penyedia online shopping sebaiknya memberikan informasi yang jelas, lengkap dan akurat tentang tata cara pemesanan produk dan pembayaran, prosedur pengiriman dan pengembalian, atau penukaran produk. Sedangkan, penjual produk online sebaiknya memperhatikan dan menjaga lebih baik lagi kepercayaan terhadap pelayanan yang diberikan kepada konsumen mengenai kesesuaian barang yang dijual dengan yang diinformasikan secara lengkap.
Kata Kunci: kepercayaan, motivasi, minat beli online